Liverpool Kini Ketiga Terbaik di Eropa, Tapi Kalah Jauh Dari Real Madrid

Liverpool Kini Ketiga Terbaik di Eropa, Tapi Kalah Jauh Dari Real Madrid

Liverpool kini resmi menjadi tim ketiga terbaik di Eropa, mengalahkan Bayern Munchen dan Barcelona, tapi masih jauh di bawah Real Madrid. Lihat.

The Reds menang 2-0 atas Tottenham Hotspur pada final Liga Champions hari Minggu di Madrid, menjadikan total perolehan trofi Piala Eropa mereka menjadi enam. Nah, perolehan enam Piala Eropa menjadikan mereka ada di urutan ketiga terbaik di Eropa.

Dengan perolehan enam trofi tersebut Liverpool kini naik satu pangkat di atas Bayern Munchen dan Barcelona yang hanya pernah mengoleksi piala Eropa itu lima kali masing-masing. The Reds hanya selisih satu di bawah AC Milan yang memiliki tujuh trofi Eropa di lemari pialanya.

Tapi masih ada jarak cukup jauh antara posisi ketiga terbaik di Eropa Liverpool dengan Real Madrid yang menduduki posisi puncak. Los Blancos sudah memenangkan trofi Liga Champions sebanyak 13 kali. Agak sulit untuk dikejar tim mana pun dalam beberapa belas tahun ke depan.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Daftar tim-tim dengan perolehan piala Eropa mereka adalah sebagai berikut:

  • Real Madrid 13 kali
  • AC Milan 7
  • Liverpool 6
  • Bayern Munchen, Barcelona 5
  • Ajax Amsterdam 4
  • Inter Milan, Manchester United 3
  • Juventus, Benfica, Nottingham Forest, Porto 2
  • Celtic, Hamburg, Steaua Bucharest, Marseille, Borussia Dortmund, Chelsea, Feyenoord, Aston Villa, PSV Eindhoven, Red Star Belgrade masing-masing 1

Kemenangan hari Sabtu di Wanda Metropolitano juga menonjolkan status Liverpool sebagai klub Inggris paling sukses di kompetisi terkemuka Eropa.

Jumlah perolehan trofi The Reds kini dua kali lipat Manchester United yang mengoleksi tiga kemenangan, sementara Nottingham Forest memenangkannya dua kali dan Chelsea dan Aston Villa masing-masing satu.

Liverpool juga menambah jumlah kemenangan di semua kompetisi UEFA menjadi 12 trofi total usai akhir pekan kemarin. Mereka telah memenangkan enam Piala Eropa, tiga Piala UEFA (sekarang Liga Europa) dan tiga Piala Super Eropa (UEFA Super Cup) selama sejarah mereka.

Kemenangan terakhir mereka itu telah membuat mereka menjauh dari Juventus, yang memiliki 11 trofi Eropa atau dunia, dan dua di belakang Barcelona yang memiliki 14 piala level Eropa.

Liverpool akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan total perolehan piala mereka menjadi 13 ketika mereka bertanding melawan Chelsea di final Piala Super Eropa atau UEFA Super Cup pada 14 Agustus di Istanbul.