Liverpool Lebih Agresif, Barcelona Pentingkan Penguasaan Bola

Liverpool Lebih Agresif, Barcelona Pentingkan Penguasaan Bola

Apa bedanya Barcelona dan Liverpool dari laga hari Kamis (2/5) di Camp Nou? Tuan rumah pastinya merasa ketemu lawan sepadan malam ini.

Dalam beberapa menit pertama pertandingan leg pertama semi final Liga Champions di Camp Nou hari Kamis, Liverpool langsung mengejutkan tuan rumah dengan permainan menekan jauh di setengah lapangan Barcelona, bahkan jauh sampai mendekati kotak penalti tuan rumah.

Selama 10-15 menit pertama ada mungkin tiga kali usaha serangan dari The Reds ke depan gawang Marc-Andre ter Stegen dan ketiganya gagal berubah menjadi gol tapi sudah cukup mendebarkan bagi para pendukung Blaugrana. Sadio Mane terutama, terlihat sangat berbahaya bagi barisan belakang Barcelona.

Namun setelah 10 atau 12 menit Barcelona perlahan menemukan kembali polanya dan sempat tiga kali memiliki kesempatan untuk mencetak gol lebih dulu. Pertama melalui apa yang terlihat sebagai handball oleh Virgil Van Dijk dalam satu perebutan bola lawan Lionel Messi di menit 13. Selang dua menit kemudian mantan pemain The Reds Philippe Coutinho berhasil memperoleh bola liar dan menembak tapi diselamatkan oleh kiper Alisson. Demikian selang beberapa belas detik setelahnya Coutinho mendapatkan bola dari Messi tapi offside.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Dalam serangan-serangannya Liverpool selalu dengan cepat berusaha mengalirkan bola ke depan. Kadang-kadang dengan tembakan jarak jauh. The Reds tak terlalu peduli dengan kepemilikan bola. Setiap kali bola kembali dikuasai langsung dikirimkan jauh ke depan. Sementara itu Lionel Messi dan kawan-kawan lebih mementingkan dominasi atas bola, mengalir perlahan dan melambatkan bola setiap kali ada usaha menekan dari anak-anak Jurgen Klopp.

Satu-satunya gol sejauh ini terjadi melalui irisan tipis kaki Luis Suarez menit 26 memanfaatkan umpan terobosan dari sisi kiri kotak penalti oleh Jordi Alba. Itu merupakan sebuah serangan yang sulit ditebak arahnya.