Liverpool Lolos! Menang 2-0 di Salzburg, Pintu Gol Dibuka Lebar-lebar

Liverpool Lolos! Menang 2-0 di Salzburg, Pintu Gol Dibuka Lebar-lebar

Liverpool lolos 16 besar Liga Champions, menang 2-0 atas RB Salzburg hari Rabu (11/12). Mendadak pada babak kedua pintu gol seperti dibuka lebar-lebar.

Seperti antiklimaks, tidak ada ketegangan di kandang RB Salzburg. Tidak ada gol di menit-menit akhir yang mengejutkan The Reds. Liverpool lolos ke babak selanjutnya dengan kemenangan 2-0 atas raksasa Bundesliga Austria itu.

Sepanjang babak pertama kedua tim saling mengunci skor 0-0 meski ada banyak sekali peluang di kedua ujung lapangan. Salah satu yang paling menyesakkan bagi Liverpool adalah ketika Mohamed Salah sudah lolos dengan bola dan berhadapan satu-lawan-satu dengan kiper Salzburg, Cican Stankovic, tapi bola hanya menerjang sisi gawang.

Namun setelah laga babak pertama sama kuat 0-0, mendadak dewa-dewa bola memihak The Reds dan gawang tim Austria itu kemudian seperti dipaksa mengangkang lebar-lebar. Dimulai dengan gol Naby Keita pada menit 57. Dalam sebuah serangan dari sisi kiri lapangan, bola sampai ke Sadio Mane, yang kemudian memilih mengumpan lambung ke tengah kotak meski sebenarnya ada Mo Salah di sisi kanan daerah berbahaya itu. Naby Keita meloncat paling tinggi untuk menyundul bola ke sudut kanan gawang Salzburg dan mengubah skor menjadi 0-1.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Hanya selisih 100 detik kemudian satu serangan dari top skor 19 tahun Erling Haaland digagalkan dan kemudian bola dikirimkan dengan cepat ke depan, sampai ke Mo Salah, yang kemudian mengitari kiper lawan dan dari sudut yang sangat amat sempit mengirim umpan akurat ke tiang jauh, memantul di tiang gawang dan gol. Skor berubah menjadi 2-0.

Grup E merupakan salah satu grup Liga Champions yang akan menampilkan drama jika sampai terjadi gol di menit-menit terakhir pertandingan. Liverpool sebenarnya sudah bisa memastikan keloloskan ke babak 16 besar jika mampu menang atas Napoli pada matchday kelima, tapi saat itu mereka main imbang 1-1 dan tertinggal lebih dulu berkat kecerdikan Carlo Ancelotti memerintahkan anak buahnya memanfaatkan celah lebar antara pemain outfield dan kiper Alisson Becker.

Grup ini memainkan laga yang bersamaan dengan RB Salzburg (7 poin) vs Liverpool (10 poin), sementara Napoli (9 poin) vs Genk (1). Dengan Napoli saat ini unggul 4-0 atas tim Belgia itu, kemungkinan besar yang akan lolos dari grup ini adalah The Reds di urutan pertama dengan 13 poin dan Partenopei pada urutan kedua dengan 12 poin.

Starting XI RB Salzburg vs Liverpool

Salzburg : Stankovic; Nissen, Onguéné, Wöber, Ulmer; Szoboszlai, Junozovic, Minamino, Mwepu; Hwang, Haaland. Cadangan: Carlos, Daka, Ashimeru, Okugawa, Prevljak, Ramalho, Vallci.

Liverpool : Alisson; Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson; Keïta, Henderson, Wijnaldum; Mané, Firmino, Salah. Cadangan: Adrian, Jones, Gomez, Milner, Shaqiri, Oxlade-Chamberlain, Origi.