Liverpool Tak Sabar Hadapi Bayern Munchen

Liverpool tak sabar menjamu Bayern Munchen di leg pertama babak 16 besar Liga Champions yang akan digelar di Anfield, Rabu (20/2) pekan depan. Pertemuan kedua tim ini disebut-sebut sebagai pertandingan terakhir yang paling ditunggu di Liga Champions musim ini.

Tuan rumah berhasil mengamankan tempat mereka di fase sistem gugur pertama dengan cara dramatis, setelah gol Mohamed Salah dan aksi penyelamatan Alisson Becker yang keren mengamankan kemenangan 1-0 the Reds atas Napoli. Di fase grup, skuad Jurgen Klopp itu menjadi runner-up Grup C di belakang PSG.

Di Liga Premier, Liverpool berhasil bangkit setelah sebelumnya raih dua hasil imbang berturut-turut yang membuat mereka tergelincir di belakang Manchester City dalam perburuan gelar juara musim ini, dengan mengalahkan Bournemouth akhir pekan lalu.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Kini, skuad TheKop tengah jalani latihan sembari beristirahat dengan baik sebelum Bayern Munchen tandang ke Merseyside. Apalagi keterlibatan the Reds di Piala FA telah berakhir setelah disingkirkan Wolves di babak ketiga.

Bayern Munchen Lakoni Fase Grup Lebih Mudah 

Liverpool berusaha memanfaatkan waktu jeda ‘tidak resmi’ saat ini dengan menggelar kamp latihan di daerah dengan cuaca hangat – untuk yang kedua kalinya di tahun 2019. Setelah Klopp membawa para pemainnya latihan di Dubai pada Januari lalu, kali ini mereka memilih iklim cerah Marbella di Costa del Sol, Spanyol.

Sedangkan Bayern Munchen menikmati rute yang lebih mudah untuk menuju babak 16 besar. Skuad asuhan Niko Kovac itu tidak terkalahkan di fase grup yang juga diisi Ajax, Benfica dan AEK Athena.

Setelah selalu memenangkan gelar juara Bundesliga di enam musim terakhir, Bayern Munchen kini harus membuntuti Borussia Dortmund yang mengambil alih posisinya di posisi teratas musim ini. Meski demikian, Bayern berhasil memotong defisit menjadi lima poin jelang perjalanan ke FC Augsburg yang tengah kesulitan pada Jumat malam.

Skuad Klopp sendiri hadapi krisis pertahanan menjelang leg pertama ini. Apalagi, Liverpool tak bisa diperkuat bek tangguh mereka, Virgil van Dijk, yang diskors setelah kantongi kartu kuning di laga melawan Napoli. Begitu juga dengan Joe Gomez yang belum pulih dari operasi pada kaki yang patah sejak Desember lalu.

Dua Bek Liverpool yang Absen di Leg Pertama Babak 16 Besar Liga Champions Melawan Bayern Munchen, Virgil van Dijk dan Joe Gomez.

Beberapa Pemain Alami Masalah di Marbella

Saat ini, Dejan Lovren harus absen dari perjalanan Marbella karena masalah hamstringnya yang kambuh. Adapun Fabinho, kemungkinan akan diminta bermain sebagai bek tengah, sementara Joel Matip tengah alami masalah otot ringan.

James Milner dan Georginio Wijnaldum dikeluarkan dari sesi latihan pertama di Spanyol sebagai tindakan pencegahan. Sementara pemain yang sudah absen cukup lama, Alex Oxlade-Chamberlain, sedang sebentar lagi diharapkan benar-benar bugar setelah alami cedera lutut.

Trent Alexander-Arnold dan Jordan Henderson kemungkinan akan jadi starter, setelah keduanya kembali ke bangku cadangan saat Liverpool menang atas Bournemouth. Tapi Xherdan Shaqiri masih berurusan dengan masalah pada perutnya.

Manuel Nuer Bisa Kembali, Muller Tetap Diskors

Sedangkan untuk Bayern Munchen, kapten Manuel Neuer diperkirakan akan fit setelah absen dalam pertandingan melawan Bayer Leverkusen dan Schalke. Ia sebelumnya alami masalah ibu jari.

Corentin Tolisso masih akan absen akibat masalah ACL yang sudah membuatnya absen sejak September lalu. Sementara Arjen Robben juga diragukan bermain, setelah alami masalah paha yang tak sembuh-sembuh sejak November lalu.

Sedangkan Thomas Muller, dipastikan tak akan bermain di dua leg babak 16 besar Liga Champions melawan Liverpool, setelah bandingnya terhadap kartu merah yang diterimanya di pertandingan terakhir grup ditolak UEFA. Saat itu, Muller lakukan tekel berbahaya terhadap pemain Ajax, Nicolas Tagliafico.

Bayern Munchen sebelumnya hanya kebobolan lima kali dalam enam pertandingan di babak penyisihan grup. Tapi, Liverpool menjadi tim yang dikenal sangat tangguh saat berlaga di Anfield. Peluang Bayern untuk menjaga clean sheet di kandang the Reds tampaknya memang sangat tipis.

Ada banyak gol yang tercipta untuk kedua tim, dan Robert Lewandowski akan menyukai peluangnya untuk mengeksploitasi pertahanan tim kandang yang tengah bermasalah. Pemain asal Polandia ini diyakini sangat termotivasi untuk mencetak gol, guna menambah koleksinya yang sudah mencapai delapan gol di Liga Champions musim ini.

 Baru Bertemu 5 Kali, Terakhir 18 Tahun lalu

Sebelumnya, kedua tim baru bertemu lima kali, dan masing-masing menang satu kali. Sisanya, tiga kali imbang.

Pertemuan terakhir mereka datang 18 tahun lalu, saat Liverpool menjadi klub Inggris pertama yang memenangkan lima trofi dalam satu tahun kalender lewat kemenangan 3-2 di Piala Super UEFA yang digelar di Monaco.

Saat itu John Arne Riise, Emile Heskey dan Michael Owen sama-sama mencetak gol untuk Liverpool yang jadi pemegang Piala UEFA Gerard Houllier di Stade Louis II. Sementara gol Bayern dibukukan Hasan Salihamidzic dan Carsten Jancker, yang tidak cukup mampu untuk memaksa perpanjangan waktu di laga tersebut. Mereka juga kalah di semifinal Piala Eropa 1981 dan di semifinal Piala Winners Eropa 1971/72.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO