Lucas Moura Raih Penghargaan Skor Sempurna L’Equipe

Lucas Moura Raih Penghargaan Skor Sempurna L'Equipe

Gilabola.com – Lucas Moura menjadi pemain ke-10 dalam sejarah yang mendapat penghargaan ‘skor sempurna’ dari surat kabar Prancis, L’Equipe.

Lucas Moura mengukir namanya dalam sejarah Tottenham Hotspur setelah ia berhasil mencetak tiga gol di babak kedua, dan membawa timnya berhasil lakukan comeback yang luar biasa di semifinal Liga Champions.

Ajax yang semula yakin bakal melaju ke final Liga Champions pertama mereka dalam dua dekade terakhir, dikejutkan oleh gol ketiga Lucas Moura di menit ke-96 yang membuat Spurs melaju ke final ajang Eropa pertama mereka.

L’Equipe yang terkenal sangat selektif dalam menetapkan para pemain yang pantas meraih penghargaan mereka, sebelumnya hanya membagikan penghargaan ‘skor sempurna’ kepada sembilan pemain dalam tiga dekade terakhir.

Diawali pada 1988

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Dua pemain pertama yang raih penghargaan itu, adalah Franck Sauzee dan Bruno Martini, ketika dua pemain Prancis U-21 itu memenangkan final Kejuaraan Eropa pada 1988. Bertahan selama enam tahun, lalu ada Oleg Salenko yang masuk daftar tersebut telah mencetak lima gol untuk Rusia saat mereka menangkan laga kontra Kamerun di babak penyisihan grup Piala Dunia 1994.

Tiga tahun kemudian, kiper Aarhus Lars Windfeld masuk daftar pemain yang berhasil bukukan skor sempurna setelah pemain asal Denmark itu ikut membantu klubnya kalahkan Nantes di Uefa Cup.

Bintang Barcelona, Lionel Messi, telah kantongi dua penghargaan ini – satu-satunya pemain yang berhasil melakukannya, setelah dia mencetak empat gol di laga melawan Arsenal pada 2010 dan, dua tahun kemudian, saat Messi bukukan lima gol ke gawang Bayer Leverkusen.

Lewandowski dan Neymar Juga Masuk Daftar

Setelah tak berikan penghargaan ini selama 13 tahun kemudian, L’Equipe akhirnya berikan tiga penghargaan ini dalam waktu empat tahun saat Robert Lewandowski bukukan empat gol dan membawa Bayern Munchen lewati Real Madrid pada 2013.

Lalu, Carlos Eduardo raih penghargaan ‘skor sempurna’ setelah mencetak lima gol untuk Nice di laga melawan Guingamp pada tahun berikutnya.

Berikutnya, empat gol Neymar dan dua assist-nya untuk PSG, saat klub itu menang 8-0 atas Dijon tahun lalu menjadi nilai penuh pertama dalam empat tahun terakhir, sebelum dua pemain yang raih penghargaan L’Equipe musim ini.

Pemain Ajax, Dusan Tadic, meraih skor sempurna untuk penampilannya di Santiago Bernabeu saat Real Madrid tersingkir dari kompetisi Liga Champions untuk pertama kalinya dalam empat tahun terakhir. Kemudian, hanya beberapa pekan kemudian, Lucas meraih penghargaan ‘skor sempurna’ lewat tiga golnya ke gawang Ajax.