Ernesto Valverde: Barcelona Belajar Banyak dari AS Roma

Lyon vs Barcelona: Valverde Belajar dari Roma

Gilabola.com – Ernesto Valverde mengaku belajar banyak dari pengalaman disingkirkan AS Roma musim lalu, jelang pertandingan Lyon vs Barcelona di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (20/2) dinihari WIB.

Ernesto Valverde mengaku, tak tidak ada gunanya Barcelona ‘menyalahkan diri sendiri’ atas kegagalan mereka di Liga Champions musim lalu, terutama saat mereka disingkirkan AS Roma. Pelatih asal Spanyol itu mengaku telah belajar dari kekalahan menyakitkan itu jelang digelarnya Lyon vs Barcelona di Lyon Olimpic Stadium dinihari nanti.

Skuad asuhan Ernesto Valverde jadi salah satu favorit juara Liga Champions di musim 2017/18 lalu. Tapi, Blaugrana malah disingkirkan AS Roma setelah kalah 0-3 di Stadion Olimpico, walau Barca menang 4-1 di leg pertama perempat final. Giallorossi menang gol tandang di fase ini, dan sukses singkirkan Barca.

Valverde pun sempat ditanya apakah ia dan skuadnya sempat bicarakan laga tersebut, jelang pertandingan Lyon vs Barcelona di leg pertama babak 16 besar yang akan lebih dulu digelar di kandang lawan.

Berhenti Bicarakan Roma

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

“Tidak. Kami sudah mendiskusikannya dulu, sudah lama kami bicarakan hasil itu. Kami sudah sampai pada titik di mana kita tidak bisa terus-menerus menyalahkan diri kita sendiri atas kekalahan tersebut,” tegas Valverde dalam jumpa pers jelang sebelum pertandingan.

Valverde pun tegaskan, dirinya sudah belajar banyak dari pengalaman menyakitkan saat disingkirkan Roma musim lalu. “Saat kami datang ke pertandingan itu, orang bilang mereka lawan terlemah yang kami hadapi. Tapi nyatanya, itu tidak banyak membantu,” tandas Valverde.

“Kami hanya alami kekalahan di satu pertandingan sepanjang musim. (Itu mengajari kami), Anda tidak bisa bertanding dengan kondisi lemah. Sebaliknya kita harus tetap waspada, kami sadar soal itu sekarang,” tegasnya.

Akui Laga Kontra Lyon akan Sulit

Sejauh ini, Barca belum pernah menang dalam pertandingan away di babak knockout ajang Eropa, bahkan dalam tiga tahun terakhir. Valverde pun menyatakan, data itu membuatnya terus waspada bahwa kompetisi di ajang Eropa menang benar-benar menyulitkan.

“Kompetisinya memang sulit, selalu ada tantangan yang harus bisa kami atasi. Banyak pihak yang katakan, kami tidak mencetak gol saat bertanding di luar kandang. Tapi, kami sudah mulai┬ámencetak gol saat bermain di Tottenham dan Inter (di babak grup). Pastinya pertandingan nanti juga akan sulit,” ujar Valverde ungkapkan peluang pertandingan di Lyon.

Liga Champions jadi prioritas utama Barcelona musim ini. Bintang Blaugrana, Lionel Messi, bahkan sudah berikrar pada Agustus lalu, akan membawa trofi Si Kuping Besar kembali ke Camp Nou. Tapi, Valverde malah mengaku, ia tidak mau terburu-buru berpikir akan berhasil mengangkat trofi, saat kompetisi baru memasuki tahap seperti sekarang ini.