Marc-Andre ter Stegen Lakukan 20 Aksi Selamatkan Barcelona

Marc-Andre ter Stegen Lakukan 20 Aksi Selamatkan Barcelona

Gilabola.com – Marc-Andre ter Stegen sudah lakukan 20 aksi penyelamatan di sejumlah laga penting Barcelona, yang membuat raksasa Catalan setidaknya tetap bisa bernafas atau melaju ke fase berikutnya.

Terakhir di laga kontra Napoli di leg pertama babak 16 besar Liga Champions yang berakhir imbang, 1-1. Demikian diungkapkan Marca.

Gol Antoine Griezmann memang membantu Barcelona tetap punya peluang untuk melaju setelah hasil imbang kontra klub Naples tersebut. Tapi Ter Stegen-lah yang membuat timnya tetap hidup dalam pertandingan itu, dan sejumlah laga lain.

Kiper asal Jerman itu melakukan dua penyelamatan penting di laga kontra Napoli, hingga kedua tetap punya peluang melaju yang sama di babak ini. Di laga tersebut, Ter Stegen sukses menyelamatkan gawangnya dari tembakan Lorenzo Insigne dan Jose Callejon, yang membantu timnya menghindari kekalahan menyakitkan di Italia.

Advertisement
NelayanBet
NelayanBet
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Ini bukan pertama kalinya ia harus turun tangan dan mencegah musibah di Blaugrana. Ia telah lakukan hal sama di laga melawan Inter, Borussia Dortmund dan Slavia Praha di babak penyisihan grup.

Dalam enam pertandingan ia tampil di kompetisi utama Eropa musim ini, Marc-Andre ter Stegen yang juga mantan bintang Borussia Monchengladbach itu sudah kebobolan empat gol, dan amankan dua clean sheet.

Ter Stegen juga telah lakukan 20 penyelamatan, 18 di antaranya berasal dari tembakan di dalam kotak penalti, dan angka-angka ini makin menyoroti penting kiper Jerman berusia 27 tahun tersebut bagi Barcelona.

Dalam konteks tersebut, tak ada penjaga gawang lain yang harus mengamankan intervensi yang sering terjadi dalam kompetisi bergengsi Eropa tersebut sejauh ini. Pasalnya, kiper Real Madrid Thibaut Courtois tercatat telah lakukan delapan penyelamatan, sementara Jan Oblak – kiper Atletico Madrid yang tengah diincar Chelsea, telah lakukan enam penyelamatan. Sedangkan Keylor Navas dan Alisson Becker masing-masing telah lakukan sembilan penyelamatan.

Barcelona nyaris kehilangan kiper andalannya ini pada akhir tahun lalu, saat ia baru saja dinyatakan alami cedera lutut. Ia bahkan dimungkinkan untuk jalani operasi pada akhir musim ini, jika masalah lutut yang dialaminya tak juga sembuh dalam beberapa bulan.

Rencananya, pemain asal Jerman itu akan menunggu sampai setelah gelaran Piala Eropa 2020 untuk lakukan operasi tersebut, dan membuatnya benar-benar pulih 100 persen.

Marc-Andre ter Stegen kemudian jalani perawatan selama liburan musim dingin lalu, dan sempat melewatkan derby melawan Espanyol akhir pekan. Saat itu, posisinya langsung digantikan Neto mengisi bawah mistar gawang skuadnya.

Neto yang baru datang pada musim panas lalu, juga diberdayakan pelatih saat itu, Ernesto Valverde, dalam pertandingan Piala Super Spanyol. Sayangnya, Barca dikalahkan Atletico Madrid di semi-final dan gagal melaju.