Maurizio Juara Liga Europa, Besok Mauricio Juara Liga Champions?

Maurizio Juara Liga Europa, Besok Mauricio Juara Liga Champions?

Maurizio atau Mauricio mungkin nama keberuntungan jika besok Tottenham menjadi juara Liga Champions. Lihat makna di balik nama itu.

Maurizio Sarri berhasil membawa Chelsea menjadi juara Liga Europa kemarin usai menaklukkan Arsenal dengan skor besar, 4-1. Dengan hasil itu, musim ini termasuk sukses bagi The Blues karena mereka juga menduduki urutan ketiga klasemen Liga Inggris.

Sang mantan pelatih Napoli itu tertangkap kamera mengagumi medali juara yang pertama kali diterimanya dalam 29 tahun karirnya sebagai pelatih sepakbola. Sarri memang bukan pemain bola profesional dan ia meniti karir pertamanya sebagai seorang pegawai bank sebelum memegang Pescara, sebuah klub Serie B Italia dan berganti tujuh tim lainnya, sebelum menangani Empoli yang berhasil naik promosi ke Serie A pada tahun 2014.

Kini kita memiliki Mauricio Pochettino selaku pelatih Tottenham Hotspur di partai final Liga Champions. Apakah ini nama keberuntungan atau sebuah kebetulan saja? Nama Maurizio merupakan adaptasi bahasa Italia terhadap nama Mauricio, yang berasal dari bahasa Spanyol dan Portugis. Varian lain nama ini adalah Maurice di Inggris dan Prancis, Morris di Inggris, Moritz di Jerman dan Maurits di Belanda.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Makna asli nama ini bisa dilacak ke belakang dari bahasa Latin, Mauritius, artinya “berkulit gelap, atau Moor.” Nama Moor sendiri biasa diasosiasikan dengan imigran Arab dari Afrika Utara yang menduduki jazirah Spanyol pada abad-abad pertengahan.

Besok kita akan melihat Mauricio Pochettino membawa Tottenham Hotspur menantang tim yang jauh lebih difavoritkan, Liverpool, pada final Liga Champions. The Reds tahun lalu adalah finalis kompetisi serupa, sebelum dikalahkan Real Madrid, sehingga lebih dijagokan menang atas Spurs. Tapi sepak bola menyimpan banyak kejutan. Jika akhirnya Spurs yang menjadi juara, dan bukan pasukan Jurgen Klopp, maka kita akan tahu betapa beruntungnya nama Maurizio atau Mauricio tahun ini.