Membandingkan Kualitas Erling Haaland & Kylian Mbappe, Siapa Lebih Hebat?

Gila Bola – Erling Haaland dan Kylian Mbappe menjadi bintang utama di leg pertama babak 16 besar Liga Champions minggu ini, usai penampilan keduanya yang mengesankan untuk Borussia Dortmund dan Paris Saint-Germain.

Striker Norwegia Erling Haaland mencetak dua gol dan satu assist saat membawa Borussia Dortmund menang 3-2 atas Sevilla di Ramon Sanchez Pizjuan, terinspirasi dari performa dahsyat Kylian Mbappe yang hattrick ke gawang Barcelona untuk membawa Paris Saint-Germain menang 4-1 di Camp Nou.

Keduanya kini dianggap sebagai dua pemain muda teratas di olahraga ini, dan diharapkan penyerang berusia 20 tahun dan 22 tahun itu kelak akan meneruskan persaingan papan atas antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di masa mendatang. Tak ayal, kedua pemain tersebut kini telah banyak dikaitkan dengan minat dari berbagai klub elit Eropa.

Advertisement
K9Win
K9Win

Namun siapa yang lebih hebat? Berikut kami sajikan perbandingan kualitas dari tiga kriteria utama duo penyerang muda terpanas Eropa tersebut.

Gerakan dalam serangan

Mbappe dan Haaland dikenal sangat baik dalam berkelit dari para pemain bertahan dan bergerak ke arah gawang. Kedua pemain memiliki bakat untuk menemukan ruang di pertahanan lawan sebelum berlari ke belakang bek dan menyambut umpan rekannya di dalam kotak.

Kedua penyerang ini suka bermain di depan bek tengah pertama dan dengan cepat mengubah kecepatan mereka untuk berlari ke ruang kosong di belakang bek dan rekannya akan tahu ke mana mereka harus mengirimkan umpan.

Menawarkan dukungan

Keterampilan lain dari keduanya adalah kemampuan mereka untuk mengidentifikasi kapan mereka harus turun dan mendukung rekan satu tim mereka untuk tetap menguasai bola.

Erling Haaland biasanya tetap berada di posisi tengah dan bertindak sebagai poros dari transisi serangan tim dari satu sayap ke sayap lainnya. Ini membantu timnya menjaga formasi mereka dan menciptakan lebih banyak ruang baginya untuk menerima bola dengan menjaga jarak dari kedua bek tengah lawan.

Di sisi lain, Kylian Mbappe cenderung lebih banyak bergerak di sekitar lapangan, datang ke sisi sayap lapangan, yang berarti ia sering menerima bola dengan lebih banyak pemain di sekitarnya. Kecepatannya memungkinkan dia untuk dengan cepat keluar dari situasi sulit dan melanjutkan serangan.

Mencari ruang tembak

Kemampuan hebat lainnya dari penyerang Norwegia dan Prancis ini adalah kemampuan mereka untuk menciptakan ruang di kotak penalti untuk melepaskan tembakan ke gawang lawan.

Selain itu, kedua pemain menonjol karena kemampuan mereka untuk melakukan gerakan tipuan dan menipu pemain bertahan yang menyerang, membantu mereka mendapatkan lebih banyak ruang untuk menembak usai pemain bertahan salah dalam mengantisipasi pergerakannya di dalam kotak.

Haaland vs Mbappe

Jelas bahwa baik Erling Haaland maupun Kylian Mbappe memiliki kemampuan hebat dalam ketiga atribut fundamental yang dibutuhkan untuk menjadi seorang striker papan atas, dengan sedikit nuansa perbedaan gaya bermain di antara keduanya.

Kedua pemain ini pasti akan menjadi tambahan yang fantastis untuk tim manapun yang akan mendapatkan jasa mereka selanjutnya di masa depan, dan diharapkan bahwa keduanya akan meneruskan persaingan fantastis papan atas antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di masa mendatang