Menang 2-1, Pemain Barcelona Ini Malah Sedih, Geleng-geleng Kepala

Menang 2-1, Pemain Barcelona Ini Malah Sedih, Geleng-geleng Kepala

Menang 2-1 tadi malam dan bikin Inter tersingkir, pemain Barcelona ini malah sedih saat peluit penuh waktu dibunyikan. Ia geleng-geleng kepala. Ada apa?

Pemain Barcelona Frenkie de Jong terlihat sedih saat Barcelona memastikan kemenangan 2-1 di kandang Inter Milan hari Rabu (11/12) pagi, yang memastikan tim Serie A itu tersingkir sepenuhnya dari Liga Champions musim ini, akan melakoni petualangan selanjutnya di Liga Europa. Tapi kenapa ia sedih?

Frenkie de Jong memelototi layar raksasa yang menampilkan hasil-hasil lain di Liga Champions hari Rabu pagi. Salah satu hasil itu memperlihatkan Ajax Amsterdam kalah 0-1 dari Valencia pada laga pamungkas di Grup H. Kekalahan oleh gol tunggal Rodrigo itu menyingkirkan semifinalis tahun lalu tersebut dari ajang kompetisi elit Eropa ini. Ajax akan bergandengan tangan bersama Inter mengarungi petualangan baru di Liga Europa.

Ini merupakan respons yang sangat menyentuh dan menyedihkan bagi para pendukung De Joden, melihat bekas pemain mereka yang kini merumput di Camp Nou, ikut berdukacita atas tersingkirkan Ajax dari Liga Champions. Sebenarnya tak ada kewajiban de Jong untuk ikut bersimpati, tapi tentu ia teringat mantan rekan-rekan sepermainannya, yang tidak seberuntung dirinya – atau Matthijs de Ligt di Juventus – bisa pindah ke klub raksasa Eropa dengan gaji membaik. Lihat rekaman adegan de Jong menangisi Ajax itu. Sebuah gestur solidaritas yang mengharukan.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Dengan Ajax kalah 0-1 di tangan Valencia, sementara di saat yang sama Chelsea menang 2-1 atas tim terlemah Lille, menjadikan Los Che menjadi penguasa puncak klasemen Grup H dengan 11 poin, disusul kemudian oleh The Blues dengan poin sama. Secara head-to-head pasukan Frank Lampard kalah 3-2 agregat dari dua pertemuan, sekali draw 2-2 di Spanyol dan kalah 0-1 di Stamford Bridge pada bulan September.

Ajax Amsterdam adalah semifinalis dan tim kejutan di Liga Champions musim silam. Mereka mengalahkan Real Madrid pada babak 16 besar sebelum menyingkirkan Juventus di babak perempat final. Namun laju De Joden terhenti pada leg kedua semi final oleh tiga gol Lucas Moura. Kini mereka terdegradasi ke Liga Europa. Tidak heran jika pemain Barcelona tersebut sedih.