Menebak Lawan Real Madrid di Liga Champions Babak 16 Besar

Menebak Lawan Real Madrid di Liga Champions Babak 16 Besar

Menebak lawan Real Madrid di Liga Champions babak 16 besar. Dua tim sudah pasti bukan: PSG dan Barcelona. Inilah calon kuat sisanya.

Penyisihan grup Liga Champions sudah mendekati akhir dengan matchday keenam akan dilangsungkan minggu depan (11-12 Desember). Seperti biasa kita akan menanti dengan tidak sabar calon lawan Real Madrid di Liga Champions babak 16 besar tersebut.

Ada aturan soal drawing babak 16 besar yang harus kita ingat-ingat dulu sebelum memulai bahasan ini:

  • Drawing dibagi dalam dua Pot, satu untuk juara-juara grup sebagai unggulan, dan satunya lagi untuk kaum runner-up, di mana Real Madrid masuk di dalamnya setelah tak mampu lagi mengejar perolehan poin PSG.
  • Dalam tahap ini sebuah tim tak bisa menghadapi tim bekas grupnya sendiri dan tak bisa menjumpai tim dari asosiasinya sendiri. Itu berarti Real Madrid tak mungkin bertemu PSG yang satu kelompok di Grup A dan juga tak bisa ketemu sesama tim La Liga: Barcelona, Atletico Madrid, atau Valencia. Blaugrana sudah pasti juara Grup F. Skuad Diego Simeone sudah tak mungkin menjadi juara Grup D, sementara Los Che masih mungkin menjadi juara Grup H jika berhasil mengalahkan Ajax Amsterdam pada matchday keenam. Tapi Los Blancos tak mungkin menghadapi Barca dan Los Che.
  • Tim unggulan (juara grup) akan tandang duluan pada leg pertama, dan melakoni leg kedua di kandang. Itu berarti Real Madrid akan home dulu karena hanya menduduki urutan kedua Grup A.

Calon Lawan Real Madrid

Dengan semua prinsip di atas kita menemukan beberapa tim yang bisa menjadi lawan berat Real Madrid di Liga Champions babak 16 besar. Tiga yang sudah pasti jadi kandidat adalah Bayern Munchen, Manchester City dan Juventus. Ketiganya sudah dipastikan duduk di urutan teratas Grup B, Grup C, dan Grup D Champions League musim ini.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Grup E berisi juara bertahan Liverpool. Gara-gara skor 1-1 lawan Napoli terakhir kali The Reds harus menggantungkan nasibnya pada matchday keenam lawan tim yang sama sekali tidak mudah, RB Salzburg. Hasil imbang sudah cukup bagi anak buah Juergen Klopp untuk lolos dengan Napoli kemungkinan besar akan menjadi juara grup karena menghadapi tim terlemah Genk di laga terakhir.

Grup F kita abaikan karena Barcelona sudah pasti juara grup dan Real Madrid tak mungkin berhadapan dengan Blaugrana untuk babak 16 besar ini. Sedangkan di Grup G drama menit-menit terakhir masih mungkin terjadi karena RB Leipzig kalah 0-2 dari Lyon pada leg kandangnya tanggal 3 Oktober lalu.

Demikian juga Grup H belum bisa kita tebak hasilnya karena tiga tim, yakni semifinalis tahun lalu Ajax, Chelsea dan Valencia sama-sama masih berpeluang jadi juara grup. Siapa pun juara grup dari Grup E, Grup F dan Grup H akan berpotensi menjadi lawan Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions.

Daftar Lawan Real Madrid di 16 Besar Tahun-tahun Silam

Musim lalu (2018/2019) Los Blancos ketemu Ajax Amsterdam, menang 1-2 di Johan Cryuff Stadium tapi malah kalah secara menyesakkan 1-4 di Bernabeu. Tersingkir pada babak 16 besar.

Dua musim lalu (2017/2018), Los Merengues bertemu PSG menang 3-1 di kandang dan menang lagi 2-1 saat away, lolos seteusnya sampai kemudian mengalahkan Liverpool 3-1 di final.

Tiga musim lalu (2016/2017) bertarung lawan Napoli dengan skor identik 3-1 saat home and away. Demikian juga skor identik 2-0 pada dua leg diperoleh empat musim lalu saat dapat drawing bertemu AS Roma.