Napoli vs Genk: Momen Istimewa Kiper Termuda Liga Champions

Napoli vs Genk: Momen Istimewa Kiper Termuda Liga Champions

Gilabola.com РNapoli vs Genk akan jadi momen istimewa bagi Maarten Vandevoordt karena ia akan menjadi penjaga gawang termuda yang pernah bermain di Liga Champions dalam usia 17 tahun 287 hari.

Rekor itu bisa dibukukan kiper Genk tersebut, jika ia diberi kesempatan memulai debutnya di Liga Champions melawan Napoli, Rabu (11/12) dinihari nanti.

Rekor kiper termuda Liga Champions saat ini masih dipegang pemain Benfica, Mile Svilar, yang memulai debutnya di laga melawan Manchester United pada tahun 2017 lalu saat ia berusia 18 tahun 52 hari.

Vandevoordt sendiri telah menjadi starter dalam dua pertandingan terakhir Genk di ajang liga maupun Piala Belgia. Kini, dia telah dipilih di atas kiper reguler klub tersebut, Gaetan Coucke.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Coucke, 21 tahun, sebelumnya telah menjadi starter dalam 21 pertandingan yang dilakoni Genk musim ini, termasuk di lima pertandingan fase grup Liga Champions. Sementara kiper Australia berusia 34 tahun, Danny Vukovic, tidak pernah bermain lagi sejak 26 Juli lalu akibat alami tendon Achilles yang pecah.

Maarten Vandevoordt yang juga pemain Timnas Belgia U-19, lahir pada 26 Februari 2002, dan baru memulai debut seniornya untuk Genk pada 24 September lalu. Sejauh ini, dia sudah tampil tiga kali untuk juara bertahan Liga Belgia tersebut musim ini.

Genk saat ini berada di posisi juru kunci Grup E Liga Champions dengan hanya kantongi satu poin dan tidak dapat lolos ke babak berikutnya atau Liga Europa. Demikian diungkapkan BBC Sport.

Pada tengah pekan ini, Genk dipastikan akan lakoni laga berat melawan Napoli. Pasalnya, I Partenopei saat ini menjadi tim yang tidak terkalahkan di Grup E dengan dua kemenangan dan tiga kali imbang. Mereka bahkan diyakini bisa mengakhiri fase grup dengan kemenangan yang meyakinkan atas Genk di kandang klub Belgia tersebut.

Adapun daftar kiper termuda yang pernah berlaga di Liga Champions, adalah:
1. Mile Svilar (Benfica) vs Manchester United, 18 Oktober 2017 – berusia 18 tahun 52 hari;

2. Iker Casillas (Real Madrid) v Olympiakos, 15 September 1999 – 18 tahun 118 hari;

3. Nikolay Mihaylov (Levski Sofia) v Werder Bremen, 31 Oktober 2006 – 18 tahun 125 hari;

4. Igor Akinfeev (CSKA Moscow) v Porto, 14 September 2004 – 18 tahun 159 hari;

5. Adrian Sempre (Dinamo Zagreb) v Lyon, 14 September 2016 – 18 tahun 245 hari.