Percaya Gak Percaya, Barcelona Hanya Berpeluang 5 Persen Saja Lolos Perempat Final Liga Champions

Gila Bola – Liga Champions akan dimulai lagi minggu depan, leg kedua 16 besar. Dari lima tim yang menurut prediksi hanya punya kesempatan tipis lolos ke perempat final, ada nama Barcelona di dalamnya. Peluangnya tembus ke delapan besar kompetisi hanya 5 persen saja.

Perhitungan matematis ini dilakukan oleh FiveThirtyEight.com  dan diberi nama Soccer Power Index. Intinya menghitung peluang lolos dan kekuatan setiap tim, DIMULAI dari performa akhir musim lalu 2019/2020 dan penampilan mereka seturut musim ini di kompetisi domestik dan Eropa.

Prediksi ini dihitung dengan mempertimbangkan dua hal. Performa akhir musim kemarin dan harga pasar seluruh pemain di skuad yang dipercaya memiliki korelasi dengan performa tim. Perbandingan keduanya adalah 67 persen untuk posisi dan performa tim akhir musim, serta 33 persen untuk market value atau nilai pasar sebuah tim.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Perhitungan lainnya adalah peluang gol setiap tim dalam setiap pertandingan, dengan memasukkan apa yang disebut “nilai gol”. Ada nilai gol normal, dan ada pula “nilai gol yang berkurang” jika memiliki keunggulan jumlah pemain akibat lawan kena kartu merah dan nilai gol berkurang jika dicetak pada menit-menit akhir saat mereka sudah memiliki keunggulan gol.

Dua faktor lain yang juga diperhitungkan oleh FiveThirtyEight.com adalah peluang gol berdasarkan jumlah serangan, tembakan, bola-bola mati yang diperoleh sebuah tim, dan peluang gol berdasarkan jumlah passing, interceptions, take-ons dan tackles.

Barcelona merupakan satu dari lima tim yang diramalkan tidak akan mampu melaju ke babak perempat final meski pada tahun 2017 di ajang Champions League pernah ada contoh keajaiban, membalikkan ketertinggalan 0-4 lawan PSG menjadi menang agregat 6-5. Tapi apakah mujizat terjadi setiap hari?

Nama-nama Tim Gagal Lolos Perempat Final Liga Champions

Ada dua nama yang dipastikan tidak akan lolos menurut hitung-hitungan dari Soccer Power Index. Satu adalah tim asal Bundesliga Borussia Monchengladbach memiliki di bawah 1% peluang lolos, dan juga Lazio dari Serie A.

Gladbach dalam posisi tertinggal 0-2 oleh Manchester City, tim yang baru saja mencatatkan 21 kemenangan beruntun di semua kompetisi dan 28 laga tidak terkalahkan di semua kompetisi. Secara momentum sulit bagi Gladbach untuk menahan kecepatan lari monster asuhan Pep Guardiola itu. Sementara itu Lazio juga dalam posisi sulit, sudah tertinggal 1-4 dari leg pertama lawan Bayern Munchen, sang juara bertahan kompetisi.

Ada tiga nama yang juga dianggap sulit melaju ke babak perempat final usai hasil-hasil leg pertama pekan ketiga Februari 2021. Mereka adalah Barcelona yang secara matematis hanya memiliki peluang 5%, RB Leipzig berpeluang 7% saja untuk lolos, dan Sevilla 9% kesempatan untuk melaju ke perempat final Liga Champions.

Barca dalam posisi tertinggal 1-4 oleh PSG, hasil leg pertama di Camp Nou pada 16 Februari 2021. Di masa lalu Barca pernah melakukan keajaiban, bangkit dari ketertinggalan 0-4 oleh PSG untuk menang 6-5. Itu terjadi pada babak 16 besar Liga Champions tahun 2017. Waktu itu leg kedua dilangsungkan di Camp Nou, usai leg pertama di Paris. Apakah mujizat akan berlangsung setiap kali dan setiap tahun?

Lagi pula usai berbalik menang 5-1 dan 6-5 agregat atas PSG, keberuntungan Barcelona dengan cepat lenyap dan kalah 3-0 agregat di tangan Juventus pada babak perempat final. Mujizat Barcelona untuk tahun 2021 sepertinya sudah terjadi satu kali, pada leg kedua semi final Copa del Rey, Kamis pekan ini (4/3) saat mereka membalikkan ketertinggalan 0-2 dari Sevilla untuk menang 3-2 agregat melalui perpanjangan waktu.

Tim lain yang juga diprediksi gagal lolos ke delapan besar adalah RB Leipzig. Skuad asuhan Julian Naglesmann itu sudah tertinggal 0-2 dari Liverpool dan akan tandang ke Anfield untuk leg kedua, 11 Maret 2021. Sementara itu Sevilla dalam posisi tertinggal 2-3 dan akan melawat ke kandang Dortmund, untuk leg kedua 10 Maret 2021.