Perjalanan Man City ke Final Liga Champions, 24 Gol dan Kebobolan 4 Saja, Kalahkan Dua Tim Bundesliga

Gila Bola – Manchester City lolos ke final Liga Champions usai menang 2-0 (agregat 4-1) atas PSG pada leg kedua semi final Rabu 5 Mei 2021, dengan superioritas Skyblues terlihat sejak penyisihan grup, jebol gawang lawan 25 kali, mengalahkan enam tim lawan, draw satu kali, tanpa satu kali pun kalah, dan kebobolan empat gol saja dalam 12 pertandingan.

Pep Guardiola, yang sudah 10 tahun gagal mengangkat trofi Champions League, membawa Manchester City tampil sebagai salah satu dari dua tim terbaik di babak penyisihan grup dengan meraih 16 poin, hasil dari lima kemenangan dan satu hasil imbang. Tim lain yang juga meraih nilai sama, 16, pada tahap ini adalah sang juara bertahan Bayern Munchen.

City mengawali petualangan Eropa mereka dengan menang 3-1 atas FC Porto pada laga pertama Grup C, 21 Oktober 2020, sebelum menang 0-3 di kandang klub Perancis Marseille (27/10), menang lagi 3-0 atas tim Yunani Olympiakos (3/11) dan menang dengan gol tunggal di Yunani (25/11). Skyblues mencicipi satu-satunya hasil imbang dengan skor 0-0 di Portugal pada 1 Desember 2020 sebelum mereka mengakhiri penyisihan grup dengan kemenangan 3-0 atas tim Ligue 1 di Grup C tersebut.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Maju ke babak 16 besar, Cityzens dengan mudah menang dua kali tandang dan kandang pada 24 Februari 2021 dan 16 Maret 2021 dengan dua gol tanpa balas atas skuad Bundesliga, Borussia Moenchengladbach.

Satu tahap berikutnya Riyad Mahrez dan kawan-kawan menjumpai tim Liga Jerman lainnya, Borussia Dortmund, dan berhasil mengungguli Erling Haaland dan kawan-kawan dua kali pula (6/4 dan 14/4) dengan skor sama 2-1.

Hasil drawing semi final Liga Champions mempertemukan Guardiola dengan PSG. Pada leg pertama 28 April mereka menang 2-1 dengan satu gol dari Riyad Mahrez dan satu gol lainnya oleg gelandang Belgia Kevin de Bruyne.

Leg kedua, yang laporan lengkapnya bisa Anda baca di sini, memperlihatkan jagoan asal Aljazair Riyad Mahrez mencetak dua gol ke gawang Keylor Navas, mengakhiri perlawanan Paris Saint-Germain sampai ke babak semi final saja, satu tahap lebih buruk daripada musim 2019/2020 saat mereka lolos sampai ke partai puncak sebelum dihentikan oleh Bayern Munchen. Total 25 gol mereka ceploskan ke gawang rival-rivalnya sejak penyisihan grup sampai hari ini.

Dengan hasil kemenangan 4-1 agregat atas PSG pada semi final Liga Champions hari Rabu 5 Mei 2021 ini maka Guardiola memiliki peluang emas untuk merebut trofi kuping besar ketiga kalinya dalam karir manajerialnya, dan pertama kalinya sejak 2011 bersama Barcelona.

AHABET
AHABET