Real Madrid Masuk 5 Besar Tim Paling Berpeluang Lolos ke Semi Final Liga Champions

Gila Bola – Sebelum dimulainya leg kedua 16 besar Liga Champions pekan depan (9 dan 10 Maret 2021), Real Madrid termasuk satu dari lima tim yang dijagokan lolos sampai ke babak semi final dengan peluang cukup besar. Tapi dua favorit teratas adalah satu tim biru dan satu tim merah.

Sepak bola adalah olah raga yang sulit diprediksi dan memiliki tingkat kesulitan tertinggi dalam analisa karena gol-golnya yang sedikit dalam sebuah pertandingan. Sebuah situs analisa bola, FiveThirtyEight.com, menyusun sebuah tool yang mereka namakan Soccer Power Index.

Alat ini mempertimbangkan performa pada akhir musim lalu, 2019/2020, dan hasil-hasil pertandingan selama musim ini. Mereka juga memasukkan faktor bagaimana sebuah gol dicetak, berapa banyak passing, interceptions, take-ons dan sebagainya, untuk menetapkan mana tim yang favorit lolos dan tidak. Anda bisa membacanya lebih detail di sini.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Dari semua data di atas diprediksi bahwa ada sembilan tim dari 16 peserta babak 16 besar yang berpeluang lolos paling besar, dimulai dari yang terkecil peluangnya: FC Porto, Juventus, Real Madrid, Chelsea, Borussia Dortmund, Liverpool, PSG, Bayern Munchen dan Manchester City.

FC Porto memiliki 43 persen peluang lolos ke delapan besar, usai unggul 2-1 dari leg pertama atas Juventus. Leg kedua akan dimainkan di Turin, dengan skuad Andrea Pirlo memiliki keunggulan gol tandang. Itu mungkin sebabnya Bianconeri dijagokan sebesar 57 persen akan lolos.

Real Madrid Dijagokan Lolos Perempat FinalĀ 

Sementara itu Real Madrid 80 persen dijagokan lolos ke delapan besar. Mereka memiliki keunggulan satu gol tandang atas Atalanta, dengan tim asuhan Gian Piero Gasperini itu gagal menembus pertahanan Los Blancos pada leg pertama di Bergamo.

Chelsea berada pada urutan berikutnya yang diprediksi akan lolos perempat final. Memiliki hanya satu gol tandang atas pasukan Diego Simeone. Tapi ada faktor fleksibilitas taktik Thomas Tuchel dan fakta bahwa The Blues belum terkalahkan sejak kedatangan pelatih Jerman itu pada 26 Januari 2021. Chelsea punya 83 persen peluang lolos.

Borussia Dortmund memiliki tiga gol tandang yang sangat penting jelang menjamu Sevilla pada leg kedua di Jerman. Mereka 91 persen dijagokan lolos ke delapan besar. Sedangkan Liverpool memiliki keunggulan dua gol tandang atas Leipzig. Juara Liga Champions tahun 2019 itu memiliki peluang 93 persen untuk mengisi satu jatah perempat final.

Paris Saint-Germain punya empat gol tandang atas Barcelona dan sulit mengharapkan ada kemungkinan lain yang bisa mencegah Neymar dan kawan-kawan gagal lolos. PSG berpeluang 95 persen untuk lolos, meninggalkan Lionel Messi dan rekan-rekannya hanya dengan lima persen kesempatan saja.

Dua Tim Teratas Difavoritkan Juara Liga Champions

Bayern Munchen dan Manchester City adalah dua tim dengan ranking tertinggi, memiliki peluang di atas 99 persen untuk berhasil meloloskan diri ke 8 besar. City yang kini menguasai puncak klasemen Liga Inggris merupakan tim dengan keunggulan dua gol tandang. Sementara Die Roten memiliki empat gol tandang atas Lazio.

Apa yang membedakan keduanya adalah rating soal serangan dan pertahanan. Bayern diharapkan memiliki rata-rata 3,1 gol memasukkan setiap kali turun bertanding, City hanya 2,9 gol saja rata-rata. Sedangkan Skyblues memiliki rata-rata peluang 0,2 gol saja kebobolan per laga, sedangkan skuad Hansi Flick berpeluang 0,6 kebobolan dalam satu pertandingan.

Pada tahap selanjutnya. terdapat empat atau lima tim yang dijagokan lolos ke semi final dengan mudah, yaitu Manchester City dengan peluang 77 persen, Bayern Munchen 54 persen, Liverpool 48 persen, Chelsea dan PSG 41 persen, serta Real Madrid 40 persen.

Dari kondisi saat ini sebelum leg kedua 16 besar dimulai, hanya City dijagokan menapaki jalan mudah ke final dengan peluang 40 persen. Bahkan Die Roten sang juara bertahan saja hanya memiliki 13 persen dan Liverpool 10 persen. Sisanya berpeluang di bawah 10 persen mencapai final, dengan dua tim yang masing-masing memiliki 8 persen adalah Chelsea dan Real Madrid.

Anda bisa kembali lagi pada Rabu dan Kamis dinihari pekan depan untuk memeriksa benarkah ramalan secara matematis itu soal siapa yang lolos dan gagal lolos itu di halaman ini.