Satu-satunya Presiden Barcelona Dengan 6 Trofi Dalam Satu Tahun Maju Pilpres Lagi

Gilabola.com – Satu-satunya Presiden Barcelona yang pernah meraih enam trofi sekaligus dalam satu tahun, sebuah prestasi yang tak bisa ditirukan penerusnya mana pun, resmi maju sebagai salah satu kandidat presiden baru klub itu untuk pemilu Januari 2021. Siapa?

Joan Laporta secara resmi mengajukan diri untuk menjadi salah satu calon presiden Barcelona pada pilpres yang akan diadakan pada Januari 2021. Politisi Catalonia, negara bagian yang memberontak terhadap Spanyol itu, ini pernah menjadi presiden Blaugrana antara 2003 hingga 2010, mengangkat Barca dari jurang kebangkrutan.

Di bawah Laporta, Barcelona berubah menjadi salah satu klub yang paling ditakuti di Eropa dan masuk dalam jajaran klub terbaik sepanjang sejarah di bawah asuhan Pep Guardiola sebagai manajer. Hanya di bawah kepemimpinannya Barca pernah meraih enam trofi sekaligus pada 2009: trofi LaLiga, Copa del Rey, Supercopa de Espana, Liga Champions, UEFA Super Cup dan Piala Dunia Antarklub.

Advertisement

Tidak heran jika banyak suporter berharap Laporta kembali maju dalam pemilu presiden, dengan lelaki yang kini sudah berusia 58 tahun itu mengaku akan merombak habis Barcelona, memperbaiki situasi finansial dan keolahragaan yang saat ini berada dalam kondisi mengkhawatirkan.

“Saya maju pada pemilihan presiden karena saya mencintai klub,” ucap Laporta dalam pernyataan resminya. “Kami telah memiliki persiapan, pengalaman dan determinasi yang dibutuhkan untuk perubahan yang dibutuhkan klub. Kami mempunyai rencana. Rencana itu adalah untuk bekerja.”

“Saya ingin mempersatukan seluruh fans Barca. Bukan saatnya untuk mencela atau melihat ke belakang. Dalam Barca yang kami maksud, semua orang dibutuhkan. Rencana kami adalah membawa kembali kebahagiaan pada masyarakat. Ini bukan cuma jargon pilpres. Ini komitmen etis, sipil, moral, sosial dan persatuan.”

Joan Laporta Coba Yakinkan Lionel Messi 

Karir Lionel Messi di Camp Nou menjadi tanda tanya besar setelah kontrak pemain asal Argentina itu habis pada tengah 2021 dan Joan Laporta optimis bisa meyakinkan sang mega bintang untuk tetap tinggal. “Saya belum bicara dengan Messi. Kami saling mengapresiasi dan menghargai,” tambah Laporta. “Messi memiliki waktu untuk memutuskan. Saya menunggu kepercayaan dari socios (anggota klub).”

“Messi mencintai Barca dan saya yakin klub bisa memberikan dia kesempatan. Untuk saat ini saya yakin untuk berbicara (meyakinkan) Messi,” kata pria berusia 58 tahun ini.

Pilpres baru Barca akan dilakukan pada Januari 2021 dengan 144.756 anggota bisa memberikan suaranya.