Sembilan Aturan Baru Liga Champions Musim Depan

Sembilan Aturan Baru Liga Champions Musim Depan

Liga Champions musim baru akan dimulai dengan tahap kualifikasi di bulan Agustus 2019 dan ada sembilan aturan baru yang musti diperhatikan setiap peserta.

Liverpool menjadi juara Liga Champions musim ini setelah menang dua gol atas Tottenham Hotspur melalui Mohamed Salah dan Divock Origi pada partai final di Estadio Wanda Metropolitano, kemarin. Dan kini proses pencarian juara baru Eropa sudah dimulai dengan penetapan sembilan aturan baru. Tiga di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Ada 12 nama cadangan, dengan nama keempat boleh dimasukkan pada masa extra time. Pemain keempat sudah diujicoba di piala domestik di Inggris, salah satunya, dan kini diterapkan ke kompetisi elit Eropa.
  • Selama persiapan tendangan bebas, hanya boleh ada pemain yang mempertahankan diri yang berada di sekitar dinding manusia. Selama ini pemain lawan yang sedang mengincar gol boleh mengganggu dinding manusia tersebut.
  • Tendangan gawang dan tendangan bebas yang diambil di dalam kotak penalti tak perlu meninggalkan kotak itu mulai musim depan, dengan pemain oposisi dilarang berada di dalam kotak.

Untuk aturan yang terakhir di atas belum jelas soal bagaimana jika pemain tim menyerang yang memperoleh tendangan bebas di dalam kotak. Apakah itu berarti area penalti dibersihkan sama sekali dari anggota tim yang sedang bertahan? Kalau itu tafsirannya maka wow mudah sekali mencetak gol dengan semua pemain bertahan harus keluar dari dalam kotak.

Enam dari sembilan aturan baru itu selanjutnya adalah:

  • Drop balls diberikan kepada tim yang terakhir kali menyentuh bola, dengan pemain lawan harus berada empat meter jauhnya minimal.
  • Dalam sebuah proses menjelang tendangan penalti, satu kaki kiper harus tetap berada di garis gawang. Kiper juga dilarang menyentuh atau mengguncang-guncang tiang gawang.
  • Pergantian pemain bisa dilakukan dengan pemain yang ditarik berjalan keluar di pinggir lapangan terdekat. Tak perlu lagi menuju garis tengah lapangan seperti yang selama ini terjadi.
  • Kick-off. Selama ini tim yang menang tos-tosan koin hanya memilih sisi lapangan yang mereka inginkan. Kali ini mereka boleh memilih bola pertama.
  • Mulai musim yang baru manajer dan staf kepelatihan yang berada di pinggir lapangan bisa saja menerima kartu kuning atau kartu merah.
  • Semua gol yang berbau handball akan dianulir.
Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto