Semua Skenario yang Mungkin Terjadi di Grup G Liga Champions: Lille, Salzburg, Sevilla dan Wolfsburg

Pertama kalinya sejak 2009/2010, sebuah penyisihan grup Liga Champions harus menunggu sampai hari terakhir untuk memastikan siapa yang lolos, siapa yang turun ke Liga Europa dan siapa yang gagal sama sekali.

Empat tim di Grup G musim 2021/22 ini sama-sama masih berpeluang lolos dan berpeluang gagal. Mereka adalah juara Liga Perancis Lille, juara Liga Austria RB Salzburg, bekas juara Liga Europa enam kali Sevilla dan klub Bundesliga Wolfsburg.

Posisi Grup G Sebelum Matchday 6

Sebelum laga terakhir pada 9 Desember 2021, Lille di urutan pertama dengan 8 poin, kemudian Salzburg 7 poin, Sevilla enam dan Wolfsburg pada posisi terakhir grup dengan 5 poin. Secara sederhana bisa dikatakan, mereka yang menang pada laga keenam grup akan lolos ke 16 besar Liga Champions. Salzburg akan menyambut kedatangan Sevilla di Red Bull Arena, sementara Lille akan tandang ke Volkswagen Arena di Jerman.

Lille Butuh Apa untuk Lolos?

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Tim Perancis ini memiliki peluang terbaik untuk lolos. Ini merupakan kali kedelapan dalam sejarah Lille lolos ke babak penyisihan grup Liga Champions. Tiga kali dipaksa turun kasta ke kompetisi kelas dua Eropa. Prestasi terbaiknya adalah lolos sampai ke 16 besar kompetisi elit Eropa, sebelum dihentikan oleh Manchester United pada 2007.

Juara Liga Perancis ini kini menduduki posisi teratas klasemen Grup G dengan 8 poin. Sebuah kemenangan akan mengirim mereka lolos sebagai juara grup. Sebuah hasil imbang juga sudah cukup asalkan Salzburg gagal menang.

Syarat Minimal Salzburg Lolos

Sementara itu Salzburg juga akan lolos dengan hasil imbang saat menjamu Sevilla. Sebuah kemenangan bisa menjadikan mereka juara grup asalkan pada jam yang sama Lille imbang atau kalah saat tandang ke VfL Wolfsburg.

Ini merupakan musim ke-17 Salzburg berlaga di kompetisi Eropa sejak masih menggunakan nama Casino Salzburg pada musim 1994-1995.

Sudah sembilan musim terkini, Salzburg selalu lolos ke Liga Champions tapi sembilan musim pula turun kasta ke Liga Europa. Kini untuk musim kesepuluh mereka akan mencoba lolos ke babak sistem gugur Liga Champions untuk pertama kalinya.

Liga Champions Bukan Rezeki Sevilla

Sevilla belum pernah melangkah lebih jauh daripada delapan besar Liga Champions. Pada beberapa musim lain bahkan dihentikan pada 16 besar atau sebelumnya. Sementara di ajang kasta kedua Eropa, Sevilla merebut trofi Europa League enam kali pada 2006 dan 2007, tiga kali beruntun pada 2014, 2015 dan 2016, serta 2020.

Sevilla butuh tiga poin untuk bisa lolos. Hasil imbang juga bisa tapi dengan syarat pada jam yang sama Lille kalah di Jerman.

Wolfsburg Butuh Apa Untuk Mengejutkan

Ini merupakan musim ketiga Wolfsburg lolos ke babak penyisihan grup Liga Champions setelah 2009/2010 dan 2015/2016. Prestasi terbaiknya terjadi pada tahun 2016 lolos sampai ke perempat final sebelum dihentikan oleh Real Madrid.

Kali ini Wolfsburg mencatatkan dua kekalahan dan dua hasil imbang selain satu kemenangan atas Salzburg, menyebabkan tim Bundesliga ini berada di dasar klasemen Grup G. Die Woelfe butuh kemenangan pada matchday terakhir melawan Lille untuk memastikan diri lolos.

Tapi tim posisi terbawah ini bisa secara mengejutkan meraih posisi pertama grup dengan sebuah kemenangan jika Salzburg vs Sevilla yang berlangsung pada jam yang sama usai dengan hasil imbang. Betul-betul semua kemungkinan bisa terjadi pada matchday terakhir.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO