Sorry, Tak Ada Raja Gol Erling Haaland di Liga Champions, Dortmund Turun Pangkat ke Liga Europa

Kemenangan Sporting CP 3-1 atas tamunya Borussia Dortmund pada Kamis dinihari (25/11) memastikan menyingkirkan tim Bundesliga itu keluar dari ajang Liga Champions musim 2021/22. Raja gol Erling Haaland akan berlaga di Liga Europa!

Penguasa Grup C ini, Ajax Amsterdam, sudah memastikan diri sebagai urutan pertama klasemen usai menang 1-2 di kandang Besiktas beberapa jam lalu. Kini satu tiket tersisa diperebutkan oleh Sporting dan BVB, namun Marco Reus dan kawan-kawan malah gagal menang.

Dua dari tiga gol tim Portugal itu dilesakkan oleh Pedro Goncalves, sebelum mantan pemain Valencia dan Wolves itu gagal menyelesaikan penalti pada menit 81, namun bola disambar Pedro Porro menjadi gol ketiga timnya, mengirim skuad asuhan Marco Rose ke kasta kedua kompetisi Eropa.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Ini merupakan pertama kalinya Dortmund berlaga di Liga Europa setelah terakhir kalinya tersingkir keluar dari Champions League pada musim 2017/2018.

Jika Anda masih ingat, waktu itu BVB menduduki urutan ketiga dalam grup yang dijejali oleh Real Madrid, Tottenham Hotspur dan Apoel Nicosia. Die Borussen mengalahkan Atalanta pada babak 32 besar Liga Europa sebelum dihentikan oleh Red Bull Salzburg satu tahap setelahnya.

Pertandingan di Estádio José Alvalade di kota Lisbon ini berlangsung dengan dominasi oleh tim tamu, yang menguasai si bundar sampai mendekati 60 persen. Tapi kedua tim kurang lebih seimbang dalam percobaan serangan (9 banding 11) dan tembakan tepat sasaran (6:3).

Sang raja gol itu sendiri tidak turun bermain akibat menderita cedera otot. Sudah tujuh laga BVB di semua kompetisi, lima di Bundesliga dan dua di Liga Champions termasuk malam ini, dilewatkan oleh Haaland.

Penderitaan BVB bertambah setelah Emre Can diusir keluar untuk satu pelanggaran berat pada menit 74, beberapa saat sebelum tendangan penalti yang gagal dari Pedro Goncalves. Tim tamu menipiskan skor pada menit-menit terakhir dari gol Donyell Malen.

Dengan hasil ini maka Sporting naik ke ranking kedua Grup C dengan perolehan nilai 9, dan akan menemani Ajax yang sudah lebih dulu memastikan lolos dengan 15 poin. Dortmund menduduki posisi ketiga dan sudah tidak mungkin lolos ke 16 besar Liga Champions karena kalah head-to-head lawan tim Portugal ini.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO