Susunan Pemain Borussia Dortmund vs Sevilla: Hazard, Haaland, Reus di Lini Depan BVB

Gila Bola – Kedua tim, Borussia Dortmund dan Sevilla, menurunkan susunan pemain dan formasi yang agresif 4-3-3 untuk leg kedua 16 besar Liga Champions pada Rabu dinihari 10 Maret 2021. Tiga pemain di lini depan BVB adalah Thorgan Hazard, Erling Haaland dan Marco Reus.

Sementara itu tim tamu Sevilla datang ke Signal Iduna Park dengan tekad untuk membalikkan keunggulan tim Bundesliga tersebut. Seperti kita semua tahu, Dortmund unggul 3-2 dari hasil leg pertama di kandang Sevilla berkat dua gol Erling Haaland dan satu lainnya dari Mahmoud Dahoud, setelah gol Suso menit ketujuh dan sebelum satu gol lagi dari Luuk de Jong yang menipiskan skor.

Skor 3-2 ini menyebabkan BVB hanya butuh hasil imbang saja, berapa pun. Sementara tim tamu butuh setidaknya satu gol, sembari menjaga agar Haaland dan kawan-kawan gagal mencetak gol di Westfalenstadion.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Sukses terkini dari tim Andalusia itu di kancah Eropa adalah saat melawan tim asal Bundesliga adalah kemenangan 3-2 atas Borussia Monchengladbach pada babak 32 besar Liga Europa pada Februari 2015. Waktu itu Vitolo (kini dipinjamnkan Atletico Madrid ke Las Palmas) melesakkan satu gol dan Carlos Bacca (saat ini di Villarreal) dua gol, sementara Thorgan Hazard yang membela Gladbach (kini di Dortmund) mencetak satu dari dua gol balasan BVB.

Tapi Sevilla tidak akan takut menjalani tandang ke Jerman. Mereka merebut trofi Liga Europa – trofi keempat dari tujuh tahun terakhirnya – pada Agustus 2020 di tanah Deutschland, main di lokasi netral di Koln, sekitar 100 kilometer jauhnya dari Westfalenstadion. Catatan sukses (dan kegagalan) secara keseluruhan melawan tim asal Liga Jerman adalah W5 D2 L3.

Tapi sejarah juga memberi skuad Julen Lopetegui itu memori buruk soal ketersingkiran dari turnamen Eropa usai tertinggal lebih dulu di kandang. Pada babak 32 besar Liga Europa 2010/2011 mereka tertinggal 1-2 lawan FC Porto dari leg pertama di kandang, untuk menang 0-1 pada leg kedua di kandang tim Portugal itu. Skor agregat 2-2 dan mereka terisngkir oleh agresifitas dua gol tandang tim Porto. Setelah itu pada perempat final Liga Champions 2017/2018 mereka juga tertinggal 1-2 lebih dulu dari Bayern Munchen, sebelum main 0-0 di Allianz Arena. Skor agregat 1-2 dan tersingkir sekali lagi.

Hanya satu kali dalam sejarah Sevilla berhasil membalikkan nasib, yaitu saat menghadapi tim sesama Liga Spanyol Real Betis, pada 16 besar Europa League musim 2013/2014. Setelah kalah di kandang 0-2, mereka menang tandang 0-2 dan berhasil lolos melalui adu penalti 4-3 dengan Ivan Rakitic menjadi penendang penalti keempat yang menentukan.

Pertandingan pada Rabu dinihari 10 Maret 2021 ini akan dipimpin oleh wasit asal Turki, Cuneyt Cakir, dengan kedua hakim garis juga berasal dari negara yang sama demi memudahkan komunikasi. Sementara asisten video wasit dipegang wasit Italia, Massimiliano Irrati, dengan satu asistennya asal Turki.