UEFA Siap Pindahkan Final Liga Champions ke Wembley, Asal Syarat Ini Terpenuhi

Gilabola.com – Pihak UEFA siap untuk menggeser venue final Liga Champions dari Stadion Olimpiade Ataturk ke Wembley asalkan pemerintah Inggris dapat memberi mereka serangkaian jaminan.

Sejatinya laga final Liga Champions yang akan mempertemukan duo Premier League Manchester City dan Chelsea akan digelar di Stadion Olimpade Ataturk, namun Turki sekarang masuk zona merah pemerintahan Inggris terkait meningkatnya perkembangan kasus virus di sana.

Itu berarti para pelancong yang terbang ke Turki akan diminta untuk menjalani karantina selama sepuluh hari sekembalinya mereka ke Inggris, sesuatu yang akan sangat memberatkan pihak duo finalis, meski para fans The Blues dan The Citizens juga diminta untuk tidak ikut bepergian ke Turki.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Sebagai gantinya, perdana menteri Boris Johnson telah mengajukan permohonan pribadi kepada presiden UEFA Aleksander Ceferin untuk mengganti venue final Liga Champions karena Turki dimasukkan dalam daftar merah pemerintah Inggris akibat gelombang covid di sana.

Tapi UEFA mengesampingkan Stadion milik Tottenham Hotspur, Newcastle United, Arsenal dan Aston Villa. Pihak Asosiasi Sepak Bola Eropa juga tidak mempertimbangkan Hampden Park atau Principality Stadium di Cardiff sebagai venue baru untuk final Liga Champions.

Channel Gilabola di Youtube

Pihak UEFA memberi isyarat bahwa Wembley adalah satu-satunya tempat yang cocok untuk menggelar final Liga Champions, dengan setidaknya 22.500 fans diharapkan bisa diizinkan untuk mengisi stadion dan menjadi saksi duel Manchester City vs Chelsea di partai puncak.

Jika final Liga Champions jadi digelar di Wembley, maka piha EFL dan FA harus setuju untuk mengubah atau menjadwal ulang final play-off Championship, yang juga akan dimainkan pada 29 Mei. Itu bisa dipindahkan atau dimajukan dalam waktu 48 jam, memungkinkan Chelsea dan City berlatih di stadion nasional Inggris ini sehari sebelum final Liga Champions.

Selain itu pihak UEFA juga meminta jaminan mutlak dari pemerintah Inggris bahwa semua media, penyiar, sponsor, dan VIP akan diizinkan hadir tanpa masalah karantina. Tentu saja tes standar kesehatan untuk covid tetap perlu terus dijalankan.

Selain itu, UEFA akan meminta klub-klub yang terlibat dalam kompetisi musim ini untuk menyerahkan sebagian dari uang hadiah mereka untuk membayar ganti rugi senilai Rp 395 Milyar pada otoritas Turki yang sudah menyiapkan pertandingan di Ataturk di Istanbul.

AHABET
AHABET