Union Berlin, Rival Real Madrid, Pertama Wakili Ibukota Jerman

Gila Bola – Ada beberapa faktor yang berpotensi membuat Union Berlin mengejutkan Real Madrid pada laga perdana Liga Champions, Kamis dinihari (21/9) besok. Sudah tahu?

Kick-off pertandingan Real Madrid vs Union Berlin dijadwalkan mulai pada Rabu jelang tengah malam dan laga akan berakhir pada Kamis dinihari di Santiago Bernabeu, namun fokus perhatian akan terarah pada tim asal ibukota Berlin itu. Begini penjelasannya.

Union Berlin Tim Kedua yang Wakili Ibukota Jerman

Sebelum ini hanya pernah ada satu tim asal ibukota Jerman itu yang bisa lolos ke Liga Champions, yakni Hertha BSC atau Hertha Berlin. Mereka pernah satu kali pada musim 1999/2000 melaju sampai ke babak kedua tahap grup dalam sistem kompetisi yang berbeda daripada sistem saat ini.

Namun catatan yang ditorehkan klub paling terkenal dari ibukota Jerman itu sama sekali tidak mengesankan di kompetisi elit Eropa, 21,43 persen kemenangan saja. Angka persentase itu diperoleh dari tiga kemenangan, lima hasil draw dan enam kekalahan sepanjang petualangannya di Liga Champions.

Kini, Union Berlin menjadi tim kedua asal ibukota Jerman yang akan tampil di panggung internasional ini, mencoba memberi kesan pada penampilan pertamanya.

Union Berlin Kejutkan Leipzig, Dortmund dan Bayern Munchen 

Tim berjuluk Die Eisernen dan memiliki logo yang sangat amat sederhana ini mengejutkan seluruh dunia pada musim 2022/23.

Mereka menahan imbang raksasa Bundesliga Bayern Munchen satu kali, menang atas Borussia Dortmund satu kali dan menang atas RB Leipzig dua kali.

Union menang atas RB Leipzig 2-1 pada Agustus 2022, menahan imbang Bayern 1-1 pada awal September tahun yang sama, sebelum kemudian mengalahkan BVB 2-0 pada pertengahan Oktober. Mereka masih satu kali menang atas Leipzig pada Februari 2023 dengan skor 1-2 di Red Bull Arena.

Union juga mengalahkan rivalnya sesama Berlin, Hertha, 3-1 pada pekan pertama musim, awal Agustus 2022, sebelum menang lagi dengan skor 0-2 pada akhir Januari 2023.

Namun Union juga mengalami beberapa kekalahan signifikan, misalnya saat ditaklukkan Bayer Leverkusen di bawah manajer anyar Xabi Alonso dengan skor telak 5-0 pada awal November 2022.

Selain itu juga Freiburg mengalahkan mereka 4-1, selang satu minggu saja sejak kekalahan kontra B04 itu.

Belum lagi menghitung balas dendam Bayern 3-0 pada akhir Februari 2023, serta Dortmund berbalik menang 2-1 atas Union pada April 2023.

Meskipun begitu mereka masih bisa menyambar posisi keempat klasemen akhir Bundesliga, dengan lima kali menang dalam sembilan pertandingan terakhir, antara 19 Maret sampai 27 Mei 2023.

Mentalitas para pemain Die Eisernen ingin mengejutkan Jerman dan seluruh dunia akan menjadi faktor paling menentukan saat mereka tandang ke markas Carlo Ancelotti pada Kamis dinihari (21/9).

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!