VAR Dalam Gelaran Champions Akan Jadi Lawan Pemain Nakal

VAR Dalam Gelaran Champions Akan Jadi Lawan Pemain Nakal

VAR dalam gelaran Liga Champions dipastikan menjadi lawan para pemain nakal yang suka main keras atau curang. Beberapa perubahan juga patut diwaspadai oleh semua pemain dari klub kontestan jika tak mau kena masalah.

Kepala wasit UEFA, Roberto Rossetti, bersikeras bahwa akan ada sedikit perubahan terhadap penggunaan VAR di Liga Champions. Perubahan yang ia maksud sudah termasuk transparansi yang lebih besar dan tindakan keras terhadap permainan kasar dan curang.

Bersama dengan kepala Komite Teknis Wasit, Carlos Velasco Carballo sudah bertemu dengan para wartawan pada hari Jumat di sebuah hotel di Madrid untuk membahas penggunaan teknologi dalam permainan. Hal ini patut dicermati oleh semua klub kontestan Liga Champions.

“VAR jelas tidak sempurna, tetapi teknologi itu akan melindungi wasit yang masih memutuskan,” jelasnya, “Mereka yang berada di ruangan VAR hanya akan merekomendasikan apa yang telah mereka lihat saja.”

VAR akan pantau semua pemain hingga tinggalkan lapangan

Selain itu, mantan wasit Italia juga menjelaskan bahwa akan ada transparansi yang lebih besar dalam hal bagaimana VAR digunakan. Mereka yang berada di stadion, serta mereka yang menonton di televisi, akan memiliki gambar yang sama dengan yang ada di ruangan VAR.

Advertisement
OLE777
OLE777

Ketika VAR juga diterapkan untuk membantu wasit melindungi permainan, itu akan digunakan untuk campur tangan dengan perilaku kekerasan dari pemain, serta tindakan rasis dan gerakan tidak sopan terhadap wasit. Tidak ada gerak-gerik yang bisa luput dari pengamatan VAR, bahkan hingga pertandingan selesai.

“VAR akan digunakan sejak awal pertandingan hingga para pemain meninggalkan lapangan,” tambah Rossetti.