Wasit Musuh Messi Ini akan Kawal Barcelona Kontra PSG

Gilabola.com – Barcelona kontra PSG akan dikawal wasit yang pernah bersitegang dengan Lionel Messi, Bjorn Kuipers.

Tim Catalan itu akan menjamu Les Parisiens di leg pertama babak 16 besar Liga Champions pada Rabu (17/2) dini hari WIB.

Diungkapkan Sport, laga itu akan menjadi laga ke-10 bagi Kuipers mengawal laga yang dilakoni Blaugrana, dan sejauh ini Barca sudah bukukan empat kemenangan, empat kali imbang dan sekali kalah bersama Kuipers.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Terakhir, ia mengawal Barca di leg pertama semi-final Liga Champions musim 2018/19, di mana mereka menang 3-0 di Camp Nou. Laga itu diwarnai adu mulut antara Kuipers dan Lionel Messi, yang kemudian rekamannya menjadi bagian dari film dokumenter UEFA itu. Sayangnya, Barca yang saat itu masih diasuh Ernesto Valverde kemudian alami kekalahan 4-0 di Anfield di leg kedua.

Sebelumnya, Bjorn Kuipers juga mengawal Messi dan kawan-kawan di perempat-final Liga Champions tahun 2017 di mana Barca bertemu Juventus. Laga tersebut berakhir 0-0 dan membuat skuad Cule tersingkir. Lalu, ada pula final Piala Super Eropa tahun 2011, di mana Barcelona berhasil kalahkan Porto, 2-0.

Wasit bukan sembarang wasit, Kuipers merupakan pengadil lapangan yang juga memiliki pendidikan di dunia administrasi bisnis. Ia juga menjadi pemilik supermarket dan gerai pangkas rambut di kota asalnya, yang bahkan sudah go internasional sejak tahun 2006.

Bjorn Kuipers juga dikenal sebagai salah satu wasit paling sukses di Eropa. Dia ditunjuk untuk mengawal beberapa laga final, seperti final Liga Europa antara Marseille melawan Atletico di tahun 2018, yang kemudian dimenangkan klub asal Madrid itu 3-0.

Ia bahkan tunjukkan kinerja hebatnya, saat mengawal final Liga Champions musim 2013/14 yang digelar di Lisbon. Saat itu, Real Madrid tampil Atletico, dan terkenal karena sundulan kepala Sergio Ramos. Final itu kemudian dimenangkan El Real dengan skor 4-1. Laga itu sendiri menjadi momen yang ke-10 kalinya bagi Kuipers mengawal pertandingan Los Blancos.

Selain final Liga Champions 2013/14 tersebut, Kuipers sudah mengawal final Liga Europa musim 2012/13 yang mempertemukan Benfica dan Chelsea, Piala Super tahun 2011 antara Barcelona dan Porto – yang berakhir dengan skor 2-0, serta final Piala Konfederasi tahun 2013 antara Timnas Brasil dan Spanyol di mana tim asuhan Vicente del Bosque alami kekalahan, 3-0. Di samping itu, Kuipers juga menjadi pengadil lapangan di final Piala Dunia U-20 dan Piala Eropa U-21.

Dalam laga Barcelona vs PSG nanti, Kuipers juga akan dibantu rekan senegaranya di ruang VAR, Pol van Boekel. Laga itu akan menjadi pertemuannya yang ke enam yang dipimpinnya dalam edisi Liga Champions.