Wasit yang Dibenci Neymar Jadi Pengadil Liverpool Kontra Tottenham Hotspur

Wasit yang Dibenci Neymar Jadi Pengadil Liverpool Kontra Tottenham Hotspur

Gilabola.com –¬†Uefa menunjuk wasit Slovenia, Damir Skomina, sebagai pengadil lapangan di final Liga Champions antara Tottenham Hotspur kontra Liverpool, 1 Juni mendatang.

Spurs dan Liverpool tampil gemilang di leg kedua semi final Liga Champions, di mana keduanya masing-masing kalahkan dua tim kuat; Ajax dan Barcelona. The Reds berhasil membalikkan situasi setelah tertinggal 0-3 di leg pertama yang digelar di Camp Nou.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Sedangkan Tottenham, kalah 0-1 di leg pertama dan sempat tertinggal 0-2 di leg kedua sebelum akhirnya berbalik menang 3-2 di akhir laga. Skuad Mauricio Pochettino itu berhasil melaju ke final meskipun imbang secara agregat karena unggul gol tandang. Kedua tim akan menggelar all-English final di Wanda Metropolitano, Madrid.

Uefa pun memilih wasit asal Slovenia, Damir Skomina, untuk menjadi pengadil dalam pertemuan the Reds dan Spurs di kandang Atletico Madrid tersebut. Wasit berusia 42 tahun itu memang sudah kantongi banyak pengalaman di berbagai final ajang Eropa.

Catatan Final Skomina

Skomina sebelumnya juga menjadi wasit dalam final Liga Europa antara Manchester United dan Ajax pada 2017 lalu. Lalu, dia pula yang jadi pengadil saat Atletico menang 3-0 atas Chelsea di Uefa Super Cup di tahun 2012.

Dia juga menjadi ofisial ke empat di final Liga Champions 2013, saat Bayern Munchen kalahkan Borussia Dortmund, 2-1, di Wembley. Kini, Damir Skomina juga telah dianugerahi penghargaan tertinggi untuk wasit di level klub di Eropa.

Musim ini, Skomina sudah mengawal jalannya empat pertandingan Liga Champions. Salah satunya adalah laga yang dilakoni skuad Jurgen Klopp, saat mereka menang 1-0 di kandang melawan Napoli. Kemenangan inilah yang kemudian mengirim mereka ke babak knockout.

Neymar Disanksi Uefa Gara-gara Hina Skomina

Skomina pula yang bertugas saat Manchester United raih kemenangan kontroversial di kandang PSG, yang membuat Setan Merah berhasil membalikkan situasi dan melaju ke perempat final.

Di leg kedua babak 16 besar yang digelar di Parc des Princes, Skomina putuskan hadiah penalti kepada tim tamu di menit akhir pertandingan – yang kemudian sukses dieksekusi Marcus Rashford, setelah mengkonsultasikannya melalui VAR.

Keputusan Skomina ini sempat membuat Neymar naik pitam, dan berang di media sosial. Bintang asal Brasil itu akhirnya dijatuhi sanksi larangan bermain dalam tiga pertandingan di ajang Eropa akibat menghina Skomina.