Belanda Miliki Jumlah Gol Kedua Terproduktif di Kualifikasi Zona Eropa, Tapi Nasibnya Kritis

Belanda kini di ambang gagal lolos ke Piala Dunia untuk kali kedua berturut-turut setelah kebobolan dua gol di Montenegro dalam delapan menit terakhir pertandingan. Prestasi pasukan Louis Van Gaal sebagai tim kedua paling produktif di zona Eropa terlihat sia-sia.

Skuad Oranje itu memiliki 31 gol memasukkan dari sembilan pertandingan, hanya kalah produktif dari Jerman di Grup J (32 gol memasukkan). Namun berbeda dengan Thomas Mueller dan kawan-kawan yang sejak pekan kedelapan sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 dengan koleksi nilai 21 (waktu itu), Belanda sampai matchday kesembilan hanya memiliki 20 poin dan terancam gagal lolos sekali lagi.

Memphis Depay mencetak dua gol pada laga di Podgorica City Stadium pada Minggu dinihari (14/11) itu dan terlihat akan lolos dengan mudah ke Qatar. Namun gol-gol dari Ilija Vukotic, gelandang Boavista, dan Nikola Vujnovic selaku penyerang FK Vozdovac membatalkan tiga poin pasukan Louis Van Gaal yang sudah di depan mata.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Sebenarnya sebuah kemenangan akan memastikan Belanda lolos langsung ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Tapi dengan hasil imbang maka nasib mereka akan ditentukan pada matchday terakhir saat mereka menyambut kedatangan Norwegia.

Skuad Martin Odegaard dan kawan-kawan itu gagal menang atas tim lemah Latvia tadi malam, hanya usai imbang 0-0.

Posisi tiga tim teratas di Grup G itu berturut-turut adalah Belanda pada posisi pertama dengan 20 poin dan selisih gol 31:8, diikuti oleh Turki 18 poin dan selisih gol 25:15, serta Norwegia pada ranking ketiga dengan 18 poin dan selisih gol 15:6.

Angka kebobolan Martin Odegaard dan kawan-kawan yang hanya enam dari sembilan laga menunjukkan Memphis Depay dan rekan satu timnya mungkin akan menjumpai kesulitan untuk menembus gawang Orjan Nyland yang merumput bagi Bournemouth itu.

Oranje gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia dan pertandingan terakhir melawan Norwegia pada tengah pekan nanti akan sangat menentukan nasib tim, apakah sekali lagi gagal lolos. Kegagalan memasuki putaran final 2018 itu merupakan kali pertama setelah gagal lolos pula pada Piala Dunia 1982 di Spanyol dan 1986 di Meksiko. Belanda juga gagal lolos ke putaran final Euro 2016 di Perancis.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO