Dua Unsur Penting Yang Tak Dimiliki Inggris Di Piala Dunia 2018

Timnas Inggris tidak memiliki sosok pemimpin dalam skuad untuk Piala Dunia 2018.
Timnas Inggris tidak memiliki sosok pemimpin dalam skuad untuk Piala Dunia 2018.

Berita Terbaru – Peluang Inggris untuk memenangi trofi Piala Dunia 2018 sangat tipis. Hal itu terjadi lantaran tidak adanya dua unsur penting dalam skuad bentukan pelatih Gareth Southgate, demikian pendapat legenda sepakbola Inggris, Tony Adams.

Dua unsur penting yangg dimaksud oleh Tony Adams itu adalah tidak adanya sosok bek tengah yang bisa diandalkan sebagai pemimpin dan ketiadaa penjaga gawang berpengalaman dengan mental juara dalam skuad Three Lions.

Dua unsur tersebut dinilai sangat krusial yang bisa menghambat laju Ingggris untuk melangkah lebih jauh di turnamen empat tahunan yang akan berlangsung di Rusia.

Dalam skuad besutan pelatih Gareth Southgate, ada tiga bek tengah yang dinilai berkualitas, yaitu Phil Jones, John Stones, dan Gary Cahill. Ketiganya memang pernah merasakan juara bersama klub masing-masing. Sayangnya, ketiga pmain itu tak ada yang benar-benar menjadi pemimpin di jantung pertahanan.

Cahill memang memungkinkan untuk memegang peran itu. Tapi, dia sudah mulai jarang diturunkan sebagai starter bersama Chelsea.

Advertisement

Padahal menurut Adams, tim yang memenangkan Piala Dunia, selalu memiliki pemain yang jadi pemimpin di lini belakang. Contohnya, Sergio Ramos di Timnas Spanyol dan Fabio Cannavaro di Italia (Piala Dunia 2006)

“Tim yang memenangkan Piala Dunia selalu memiliki pemimpin, seperti Sergio Ramos atau Fabio Cannavaro. Inggris tak memiliki itu,” ungkap Tony Adams.

Sama halnya dengan bek tangguh, peran seorang kiper juga sangat dibutuhkan. Lagi-lagi, Inggris tak memilikinya karena membawa para kiper debutan.

“Kami juga melangkah ke turnamen ini tanpa seorang kiper seperti Gianluigi Buffon (Timnas Italia), seorang kiper bermental juara. Kiper hebat dan bek tangguh masih harus dicari oleh Inggris,” lanjutnya.