FIFA Pastikan Peserta Piala Dunia Qatar Tetap 32 Tim

FIFA Pastikan Peserta Piala Dunia Qatar Tetap 32 Tim

Gilabola.com – Piala Dunia 2022 di Qatar akan diadakan dengan 32 tim berpartisipasi di kompetisi tersebut dan bukan 48 tim, kata FIFA, Rabu.

Presiden FIFA Gianni Infantino telah mengusulkan untuk memperluas Piala Dunia dan mengeksplorasi ide untuk menambah negara tuan rumah.

Tetapi FIFA mengatakan dalam pernyataan: “Setelah proses konsultasi yang menyeluruh dan komprehensif dengan keterlibatan semua pemangku kepentingan yang relevan, disimpulkan bahwa dalam keadaan saat ini proposal seperti itu tidak dapat dibuat sekarang.”

FIFA dan Qatar juga melihat apakah negara Teluk itu dapat menjadi tuan rumah turnamen yang diperluas sendirian dengan mengubah persyaratan normal untuk fasilitas.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

“Analisis bersama, dalam hal ini, menyimpulkan bahwa karena persiapan telah memasuki tahap yang lanjut dan kebutuhan untuk penilaian rinci tentang dampak logistik potensial pada negara tuan rumah, akan diperlukan lebih banyak waktu dan keputusan tidak dapat diambil sebelum batas waktu pada bulan Juni,” kata FIFA. “Karena itu diputuskan untuk tidak mengejar opsi ini lebih jauh.”

Piala Dunia perlu memikirkan logistik hajatan

Infantino mulai mundur dari idenya pada Maret ketika setelah pertemuan Dewan FIFA di Miami ia berkata: “Jika itu terjadi – fantastis. Jika itu tidak terjadi – fantastis juga.”

Penyelenggara gelaran di Qatar mengatakan mereka selalu terbuka untuk turnamen yang diperluas jika model operasi yang layak telah ditemukan.

“Sebuah analisis bersama menyimpulkan bahwa karena tahap persiapan lanjutan dan kebutuhan untuk penilaian rinci tentang dampak logistik potensial di Qatar, lebih banyak waktu akan diperlukan dan keputusan tidak dapat diambil sebelum batas waktu Juni. Karena itu diputuskan untuk tidak mengejar opsi ini lebih lanjut,” kata pihak penyelenggara tahun 2022 dalam sebuah pernyataan.

“Dengan hanya tiga setengah tahun lagi hingga kickoff dimulai, Qatar tetap berkomitmen untuk memastikan 32 tim pada 2022 adalah salah satu turnamen terbaik yang pernah ada dan yang membuat seluruh dunia Arab bangga.”