Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Aksi Heroik 2 Gol Diogo Jota Ditenggelamkan Kebangkitan Kembali Serbia

Gila Bola – Serbia membuktikan diri bermental baja, tidak terintimidasi dengan nama besar Cristiano Ronaldo, bangkit dari ketertinggalan dua gol untuk menyamakan skor pada laga kualifikasi Piala Dunia, Minggu dinihari 28 Maret 2021 dan mencuri satu poin dari Portugal.

Jika kita melihat semata-mata hasil babak pertama saja pada pertandingan Minggu dinihari di Stadion Rajko Mitic di Belgrade maka muncul kesan bahwa pemain Liverpool Diogo Jota sudah menjadi pahlawan Selecao, mencetak dua gol dalam separuh pertama permainan. Menit 11 dan 36.

Tapi justru di sinilah terlihat kegigihan skuad asuhan Dragan Stojkovic. Sang manajer memasukkan dua pemain segar pada awal paruh kedua permainan, satu di antaranya gelandang Hertha Berlin Nemanja Radonjic. Terbukti itu menjadi pilihan yang tepat dengan ia memberi assist untuk gol balasan pertama dari Aleksandar Mitrovic, sebelum Radonjic kembali memberi assist untuk gol kedua oleh Filip Kostic. Skor sama kuat 2-2 saat pertandingan kualifikasi Piala Dunia ini masih tersisa 30 menit!

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Statistik memperlihatkan bagaimana Serbia berubah dari semula pada 45 menit pertama membiarkan Selecao melepaskan enam percobaan serangan dengan dua tepat sasaran ke gawang Marko Dmitrovic, untuk memperkuat pertahanan dan mengubahnya menjadi hanya tiga peluang serangan dan nihil shots on target!

Sebaliknya the Eagles sendiri menaikkan angka serangan dari yang sebelumnya tujuh kali pada babak pertama, naik menjadi sembilan kali. Dari semula satu saja tembakan tepat sasaran menjadi empat shots on target pada babak kedua, dengan dua di antaranya berubah menjadi gol!

Ini merupakan keberhasilan kedua kalinya berturut-turut menghindari kekalahan bagi pasukan Stojkovic setelah sebelumnya menang 3-2 atas Republik Irlandia. Apa yang menjadi pekerjaan rumah bagi sang manajer adalah betapa mudahnya Serbia kebobolan dua gol dalam setiap pertandingan. Beruntung tidak berujung kekalahan.

Sementara itu bagi Portugal, setelah hanya melesakkan satu gol saja pada laga kualifikasi Piala Dunia pertama ke gawang Azerbaijan, Selecao gagal mencatatkan kemenangan meski mencetak gol dua kali lipat lebih banyak daripada pertandingan pertama melalui Diogo Jota.

Serbia dengan hasil ini berarti berhasil menjaga “tradisi” yang sudah mereka lakoni pada tujuh dari 10 laga kompetitif terkininya, memproduksi lebih dari 3,5 gol rata-rata per pertandingan. The Eagles juga selalu mampu bangkit kembali dalam dua laga terbarunya, sesuatu yang seharusnya diketahui oleh Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Kapten CR7 berjasa untuk gol pertama melalui pre-assist ke Bernardo Silva, yang mengirim crossing ke tiang jauh dan disundul dengan mudahnya oleh Jota. Sementara itu gaya yang sama terjadi untuk gol kedua setelah Cedric Soares mengirim crossing ke depan gawang yang ditanduk Jota.