Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Spanyol Kalahkan Kosovo, yang Mereka Hina-hina Selama Tayangan TV

Gila Bola – Dengan mengalahkan timnas Kosovo pada Kamis dinihari 1 April 2021, Spanyol mencapai dua misi sekaligus: memuncaki Grup B kualifikasi Piala Dunia dan mempermalukan tim nasional sebuah negara yang tidak mereka akui keberadaannya.

Kosovo bukan sebuah negara merdeka di depan mata Spanyol. Fakta bahwa mereka harus bertanding melawan provinsi pemberontak pecahan negara Serbia pada laga kualifikasi Piala Dunia sangat mengganggu La Roja. Hal ini mengingatkan mereka pada upaya kemerdekaan Catalonia (provinsi di mana Barcelona berada). Bagaimana jika suatu hari Catalonia bertanding di ajang turnamen Euro dan Piala Dunia sebagai sebuah tim nasional?

Karena itu harus menang merupakan misi utama saat mereka turun pada Kamis dinihari (1/4) di Estadio Olimpico di Sevilla. Para pendukung kemerdekaan Kosovo akan sangat marah melihat nama negara mereka ditulis dengan huruf kecil dan televisi Spanyol tidak menayangkan momen saat bendera Kosovo dikibarkan dan lagu kebangsaan negeri itu diperdengarkan.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Tiga gol dari Dani Olmo, Ferran Torres dan Gerard Moreno sudah cukup untuk membungkam negara yang kemerdekaannya diakui oleh 98 negara anggota Perserikatan Bangsa-bangsa, namun Rusia, Yunani, Rumania, Slovakia dan Spanyol menolak mengakuinya.

Kosovo sempat membalas satu gol pada menit 70 melalui Besar Halimi, pemain yang merumput untuk klub divisi kedua Bundesliga Sandhausen, tapi terlalu sedikit dan terlalu terlambat untuk menghadang raksasa Spanyol.

Dengan hasil kemenangan 3-1 ini maka Spanyol memimpin klasemen Grup B dengan 7 poin, hasil dua kemenangan dan satu hasil imbang. La Roja merupakan tim yang ditahan imbang 1-1 oleh Yunani pada laga perdana kualifikasi Piala Dunia, sebelum anak-anak Luis Enrique itu menang 1-2 di Georgia.