Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Turki Cium Peluang Emas Lolos Putaran Final dan Jadi Juara Dunia

Gila Bola – Turki adalah tim yang cerdik. Mencium kemungkinan sejumlah negara Eropa akan memboikot Piala Dunia 2022 di Qatar, yang berarti memperbesar peluangnya menjadi favorit juara dunia, skuad asuhan Senol Gunes ini main lugas pada Minggu dinihari 28 Maret 2022, menang tiga gol atas Norwegia.

Pemain yang pernah menjadi incaran Liverpool pada tahun 2016, Ozan Tufan, mencetak dua dari tiga gol Turki ke gawang Norwegia pada laga yang dimainkan di tempat netral di Estadio La Rosaleda di Malaga Spanyol. Kegagalan skuad asuhan Stale Solbakken itu untuk membalaskan gol terasa mengejutkan karena mereka memiliki Erling Haaland dan Martin Odegaard serta Alexander Sorloth.

Tapi tim nasional Turki memang tampil kesetanan. Mereka sangat klinis di depan gawang Rune Jarstein, dengan dua gol terjadi pada babak pertama. Manajer timnas, Solbakken, mengambil tindakan drastis mengganti penjaga gawang Hertha Berlin itu pada awal paruh kedua dengan memasukkan kiper Rosenborg, Andre Hansen. Hasilnya? Kebobolan satu gol lagi oleh Ozan Tufan.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Padahal Erling Haaland dan kawan-kawan menguasai bola sepenuhnya. 57 persen selama babak pertama dan naik mendekati 70 persen selama paruh kedua. Namun mereka gagal melepaskan satu pun serangan tepat sasaran selama 90 menit! Timnas Turki main disiplin memotong jalur-jalur serangan dan malah mencatatkan satu gol lagi melalui serangan balik menit 59.

Rasa frustrasi dari timnas Norwegia terlihat jelas saat pada menit 79 Kristian Thorstvedt, yang baru saja masuk sebagai pengganti sekitar 10 menit sebelumnya, menyikat kaki Caner Erkin dalam satu perebutan bola di pinggir lapangan. Wasit asal Spanyol tidak ragu-ragu mengacungkan kartu merah yang disambut ungkapan tak percaya pemain Genk tersebut.

Sudah ada tiga tim yang mengirim pesan terkait persoalan hak-hak asasi manusia di Qatar dengan menampilkan pesan di jersey saat foto bersama. Dua tim: Norwegia dan Jerman terasa sangat terus terang dan menohok dengan kata kunci “hak-hak asasi manusia”. Sementara tim ketiga Belanda lebih kalem dengan pesan “sepak bola mendukung perubahan” pada jersey pemanasan mereka sebelum laga melawan Latvia, Minggu dinihari.

Dengan kemenangan 0-3 atas Norwegia ini maka Turki menduduki posisi kedua klasemen Grup G kualifikasi zona Eropa dengan poin 6, satu posisi dan sama poin dengan Montenegro. Sementara itu Erling Haaland dan kawan-kawan yang menang 0-3 atas tim terlemah Gibraltar pada laga pertama, menetap di posisi keempat klasemen grup dengan 3 poin.

AHABET
AHABET