Ini Alasan Kenapa Prancis Tetap Mainkan Si Mandul Giroud

Olivier Giroud puas dengan penampilannya meski dia belum mencetak satu gol pun bagi Prancis di Piala Dunia 2018.
Olivier Giroud puas dengan penampilannya meski dia belum mencetak satu gol pun bagi Prancis di Piala Dunia 2018.

Berita Terbaru – Olivier Giroud belum mencetak satu gol pun sepanjang Piala Dunia 2018 Rusia. Padahal dia selalu dimainkan sebagai starter sejak menggantikan Ousmane Dembele pada laga pertama penyisihan Grup C pada 16 Juli lalu.

Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa pelatih Prancis Didier Deschamp tetap memainkan striker Chelsea itu selama fase gugur dan bahkan kemungkinan besar pada laga final melawan Kroasia, Minggu (15/7). Sejauh ini, dia sudah bermain di semua enam pertandingan, dengan lima kali jadi starter.

Rupanya Deschamp punya alasan kuat kenapa terus memainkan striker 31 tahun yang masih mandul ini. Sang pelatih tidak menilai Giroud dari jumlah gol, tapi menilai si pemain dari peran lain yang tak kalah pentingnya.

Dilansir Dailymail, peran mantan pemain Arsenal ini terlihat bukan untuk mencetak gol, melainkan hanya memberikan pantulan bola kepada pemain lain di lini depan.

Dengan posturnya yang tinggi Giroud diandalkan dalam duel udara dengan bek-bek lawan yang bertubuh jangkung, sesuatu yang sulit dilakukan oleh Antoine Griezmann, Dembele ataupun Kylian Mbappe. Dari perannya itu telah terbukti Giroud sudah menciptakan tiga assist di Piala Dunia 2018.

Advertisement

Giroud sendiri mengaku puas dengan penampilannya sejauh ini, meski dia belum berhasil mencetak gol.

“Saya pikir, saya memiliki penampilan yang baik di Piala Dunia kali ini. Saya sudah menciptakan tiga assist namun memang belum menciptakan gol, saya tidak pedulikan itu,” kata Giroud.

Meski demikian dia berharap bisa mencetak gol di partai final melawan Kroasia pada Minggu (15/7) malam WIB.

“Saat melawan Belgia (di semifinal) saya kehilangan efisiensi saya, keberuntungan. Dan saya berharap dapat mencetak gol di final,” kata Giroud.

“Tahun 1998, Stephane Guivarch tidak mencetak gol di Piala Dunia namun ia bermain baik. Saya pikir saya telah melakukan pekerjaan saya dengan baik di Piala Dunia ini. Saya memberikan tiga assist, dan berkomitmen untuk terus bekerja keras,” tambahnya.