Kasihan Donny van de Beek, Gak di Man United, Gak di Timnas Belanda, Minim Menit Bermain

Gila Bola – Anda perhatikan gak bahwa Donny van de Beek hanya turun dua kali dari tiga pertandingan timnas Belanda. Itu pun hanya 11 dan 13 menit masing-masing. Jadi, gak di Manchester United, gak di tim Oranje, pemain 23 tahun ini tak kebagian menit bermain yang mencukupi.

Donny van de Beek hanya bermain dalam dua dari tiga laga timnas Belanda dalam jeda internasional kali ini, dalam kemenangan 2-0 atas Latvia pada 27 Maret 2021 dan kemenangan 0-7 pasukan Frank de Boer di Gibraltar pada 31 Maret 2021.

Beruntung pada laga keduanya itu, meski hanya bermain sebanyak 13 menit saja sebagai pengganti untuk Owen Wijndal sejak menit mepet-mepet akhir, menit 76, mantan bintang Ajax Amsterdam itu berhasil mencetak satu gol. Itu hanya merupakan gol keempatnya musim 2020/21 ini, hanya satu di ajang Premier League bagi the Red Devils dan tiga sisanya bagi Oranje.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Minimnya menit bermain van de Beek di timnas Belanda mungkin terjadi karena Frank de Boer melihat menit bermain yang sangat sedikit dari sang pemain 23 tahun itu. Jadi ini seperti sebuah lingkaran setan. Tak diturunkan oleh Manchester United berdampak pada menit bermain yang juga semakin sedikit di skuad Oranje.

Sejak pergantian tahun 2021, skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu sebenarnya sudah bermain sebanyak 23 kali di semua kompetisi, namun van de Beek hanya bermain dalam delapan pertandingan di antaranya. Itu pun hanya tiga kali di ajang Liga Inggris, dengan satu sisanya di ajang Carabao Cup dan empat kesempatan di FA Cup. Tak satu pun gol.

Pemain kelahiran 18 April 1997 ini didatangkan Manchester United dengan harga 39 juta Euro dari Ajax pada September 2020, namun nilai pasarnya terus merosot turun seturut dengan sedikitnya menit bermain yang diperolehnya. Perkiraan nilai pasar sang pemain kini mencapai 35 juta Euro saja.

Golnya bagi Belanda dalam pesta tujuh gol di kandang Gibraltar pada Rabu 31 Maret 2021 diharapkan akan membuat Solskjaer melirik lagi dirinya.