Kesedihan Masa Lalu, Alasan Belanda Rayakan Kemenangan Seolah-olah Pasti Juara, Tadi Malam

Timnas Belanda merayakan kemenangan tadi malam di atas lapangan dan di kamar ganti, seolah-olah mereka sudah pasti menjadi juara dunia. Ada apa? Itu terkait dengan kesedihan mereka di masa lalu.

Belanda menang 2-0 atas Norwegia dengan dua gol dari pemain Tottenham Steven Bergwijn dan striker Barcelona Memphis Depay. Usai peluit panjang ditiup wasit Clement Turpin asal Perancis, seluruh pemain Oranje menghambur ke atas lapangan. Adegan itu sudah seperti mereka juara sungguhan.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Dengan kemenangan ini Belanda memastikan diri lolos untuk pertama kalinya ke ajang kompetisi Piala Dunia sejak 2014. Selama tujuh tahun mereka menahan rasa sedih dipandang remeh oleh tetangga-tetangga mereka di Eropa.

Jika Anda masih ingat World Cup 2014 di Brasil, saat kiper Jesper Cillessen masuk pada menit 120 dan secara heroik menahan tembakan dua pemain Costa Rica pada babak adu penalti, membawa kemenangan bagi Oranje untuk lolos ke semifinal. Itu adalah prestasi terbaik kedua selama dekade terakhir. Manajer timnas saat itu adalah pelatih saat ini: Louis van Gaal.

Sayang sekali mereka gagal mengulangi keajaiban yang sama di babak semifinal, ditaklukkan Argentina melalui adu penalti juga, sebelum mengalahkan tuan rumah Brasil (yang lesu oleh kekalahan 1-7 di tangan Jerman) pada perebutan tempat ketiga turnamen.

Piala Dunia itu, dan turnamen yang sama empat tahun sebelumnya di Afrika Selatan saat mereka finish pada urutan kedua setelah kalah 0-1 di final oleh gol Andres Iniesta, merupakan dua kenangan termanis Oranje selama dekade terakhir. Mereka gagal lolos ke putaran akhir Piala Dunia 2018 di Rusia, selain gagal lolos pula pada Euro 2016 di Perancis, tersingkir pada babak 16 besar Euro 2020.

Dengan latar belakang seperti itulah, tidak mengherankan Virgil Van Dijk menangis membayangkan bisa berlaga di putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar setelah tujuh tahun absen.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO