Kevin de Bruyne Kerap Diremehkan, Bos Belgia Tahu Sebabnya

Kevin de Bruyne belum mencetak satu gol pun di Piala Dunia 2018 untuk Timnas Belgia.
Kevin de Bruyne belum mencetak satu gol pun di Piala Dunia 2018 untuk Timnas Belgia.

Berita Bola – Peran Kevin De Bruyne di timnas Belgia kerap diremehkan dan pelatih Die Roten Teufel, Roberto Martinez, tahu betul sebabnya.

Sang pelatih asal Spanyol itu mengklam De Bruyne telah berkembang menjadi seorang pemimpin untuk Belgia, dan perannya sangat penting dalam usaha The Red Devils meraih gelar Piala Dunia tahun ini.

Bintang Manchester City, De Bruyne, memang belum mencetak satu gol pun di Piala Dunia 2018 tetapi memainkan peran penting dalam kemenangan terakhir Belgia melawan Jepang di babak 16 besar dengan skor 3-2.

Martinez memuji kemampuan playmaker untuk tetap tampil tenang di bawah tekanan menjelang pertandingan perempat final melawan Brasil di Kazan, Sabtu (7/7) dini hari WIB.

“Perannya dalam tim kami telah diremehkan. Mungkin karena di level klub dia selalu jadi penyedia assist atau gol, dan itu dengan mudah mengalihkan perhatian dari Kevin De Bruyne,” kata Martinez kepada Goal.

“Saya pikir pengaruh Kevin De Bruyne di tim kami jauh lebih dalam (di lini pertahanan) sedikit lebih awal (dalam menyerang), memungkinkan timnya memiliki pengaruh seperti yang kami miliki di sepertiga akhir dan menjadi playmaker nyata bagi kami. Dan kemudian di atas semua itu dia menjadi seorang pemimpin.”

“Saya pikir ini adalah pertama kalinya saya melihat Kevin tumbuh menjadi pemain yang sangat penting di lapangan pada saat-saat paling genting.”

“Saya akan selalu ingat ada momen ketika tertinggal 0-2 melawan Jepang bahwa dia salah satu yang memberi ketenangan, memberi lebih banyak kepercayaan ke dalam tim bahwa kami masih punya waktu untuk menyamakan skor, dan saya pikir itu adalah peran yang memungkinkan kami menjadi tim.”

“Dan kemudian Anda melihat gol ketiga. Hanya Kevin De Bruyne yang bisa begitu. Bukan hanya cara dia melakukan transisi (dari bertahan ke menyerang) begitu cepat dari satu kotak ke kotak. Passingnya luar biasa ke depan jalur lari Thomas Meunier sehingga ia tak perlu menunggu untuk mengumpan ke Nacer Chadli.”

Jika Belgia menang atas juara lima kali Brasil, mereka akan menghadapi Prancis atau Uruguay di babak semi final.

Advertisement