Penjebol Gawang Belanda 3 Gol Jaga Harapan Lolos Turki Setelah Beri 3 Assist Tadi Malam

Burak Yilmaz, ingat baik-baik nama itu. Kapten timnas Turki itu mencetak tiga dari empat gol ke gawang Belanda pada Maret 2021 lalu dan kembali berjasa setelah memberi tiga assist dari 6 gol kemenangan laga kualifikasi zona Eropa melawan Gibraltar tadi malam, memberi harapan lolos ke Piala Dunia 2022.

Secara mengesankan pasukan Stefan Kuntz itu berhasil melesakkan enam gol ke gawang Dayle Coleing yang malang, dengan tiga terjadi saat pertandingan di Basaksehir Fatih Terim Stadium (Istanbul) pada Minggu dinihari (14/11) itu belum lagi memasuki masa turun minum. Namun pesta gol Turki banyak dibantu oleh kartu merah yang diterima Jayce Olivero saat jam pertandingan baru memasuki menit 22.

Bermain dengan keunggulan jumlah pemain, penyerang Galatasaray Kerem Akturkoglu membuka skor, sebelum pemain depan klub yang sama, Halil Dervisoglu, menambahkan dua gol jelang akhir babak pertama. Skor 3-0 saat turun minum.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Hebatnya, ketiga assist untuk gol tim Bulan Sabit dan Bintang itu diberikan oleh kapten tim, Burak Yilmaz, yang saat ini merumput di Lille, Perancis, dan mengenakan nomor jersey 17 pada foto di atas. Pemain yang sama pula – jika Anda masih ingat – mencatatkan namanya tiga kali di papan skor saat mereka mengejutkan Oranje dengan skor 4-2, Maret lalu.

Pada pertengahan babak kedua mantan bek Juventus Merih Demiral menambahkan gol keempat, dengan assist dari Ridvan Yilmaz, defender Besiktas. Kemudian pemain pengganti Serdar Dursun menambahkan gol kelima dan bek Sassuolo Mert Muldur mencetak gol keenam.

Skor akhir terjaga 6-0 bagi keunggulan Turki dan mereka kini meraih 18 poin serta menempati urutan kedua klasemen Grup G, satu posisi dan satu poin di bawah pemuncak klasemen Belanda (19) dan sama poin dengan Norwegia (18) yang kalah selisih gol dari tim Bulan-Sabit.

Turki akan sangat berterima kasih pada tim lemah Latvia (6 poin, posisi kelima), yang entah bagaimana pada jam yang sama berhasil menahan imbang Norwegia dengan skor 0-0, menyebabkan skuad yang dipimpin oleh kapten Martin Odegaard itu hanya memiliki perolehan nilai 18.

Dengan hasil-hasil kualifikasi Piala Dunia ini maka perebutan dua posisi teratas akan tergantung pada hasil tandang Belanda di Montenegro beberapa jam lagi, serta laga penghabisan pada 17 November mendatang.

Turki akan lebih optimistis karena mereka tandang ke Montenegro yang saat ini menempati ranking keempat klasemen Grup G dengan tiga kemenangan, dua imbang dan tiga kekalahan sejauh kualifikasi zona Eropa ini.

Sementara itu Norwegia akan menghadapi laga sulit di tanah Belanda pada matchday ke-10 dengan kemenangan menjadi sebuah kewajiban jika negeri Skandinavia itu ingin lolos ke Qatar, entah melalui urutan pertama atau babak play-off jika mendapatkan ranking kedua grup.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO