Perkenalkan Timnas Paling Kotor di Piala Dunia

Wasit mengibaskan kartu merah kepada Zinedine Zidane usai ia menanduk dada pemain Italia pada final Piala Dunia 2006.
Wasit mengibaskan kartu merah kepada Zinedine Zidane usai ia menanduk dada pemain Italia pada final Piala Dunia 2006.

Berita Terbaru – Piala Dunia 2018 akan dimulai dalam dua hari lagi, dan coba lihat siapa timnas paling kotor, dengan perolehan kartu kuning dan kartu merah terbanyak sepanjang sejarah?

Jika hanya menilik Piala Dunia 2014 saja dan dengan data yang dibatasi sampai babak 16 besar maka tim paling kotor berturut-turut adalah Uruguay dengan 8 kartu kuning, satu kartu merah), kemudian menyusul Yunani (8 kuning 1 merah), Kosta Rika (7 kuning 1 merah) dan Brasil (8 kuning).

Setelah itu Meksiko dengan 8 kuning, Chile 7 kuning, Belgia 5 kuning dan satu merah, dan Belanda serta Perancis masing-masing dengan 5 kuning.

Namun jika data diperluas sampai sepanjang sejarah Piala Dunia (mulai 1930) maka Argentina adalah tim paling kotor dalam sejarah dengan 120 kartu, terdiri dari 111 kuning, 1 kuning ganda (merah) dan 8 kartu merah langsung.

Di bawah mereka, sedikit saja lebih bersih, adalah Jerman dengan 117 kartu. Selengkapnya adalah 110 kartu kuning, dua kartu kuning ganda (merah), dan lima kartu merah langsung. Menyusul kemudian Brasil dengan 108 kartu: 97 kuning, 1 kartu kuning ganda, dan 10 kartu merah. Setelah itu di bawahnya berturut-turut adalah sebagai berikut. Ingat bahwa ini dicatat sejak awal Piala Dunia tahun 1930, bukan kemarin sore:

  • Italia: 98 kartu, 90 kuning, 1 kuning ganda, 7 merah
  • Belanda: 97 kartu, 90 kuning, 4 kuning ganda, 3 merah
  • Meksiko: 74 kartu, 68 kuning, 2 kuning ganda, 4 merah
  • Uruguay: 69 kartu, 60 kuning, 1 kuning ganda, 8 merah
  • Spanyol: 65 kartu, 64 kuning, 0 kuning ganda, 1 merah
  • Korea Selatan: 63 kartu, 61 kuning, 0 kuning ganda, 2 merah
  • Perancis: 62 kartu, 56 kuning, 1 kuning ganda, 5 merah
  • Inggris: 54 kartu, 51 kuning, 0 kuning ganda, 3 merah
  • Kamerun: 54 kartu, 46 kuning, 1 kuning ganda, 7 merah
Advertisement

Perlu diingat bahwa pada Piala Dunia di Rusia ini baik Italia maupun Belanda sudah tersisih di kualifikasi zona Eropa. Demikian juga Kamerun.

Jika data jumlah pelanggaran sepanjang sejarah kompetisi disilangkan dengan data Piala Dunia 2014 maka kta patut mewaspadai bahwa laga-laga yang melibatkan Brasil, Uruguay, dan Meksiko akan berpotensi menghadirkan banyak kartu kuning.

Brasil satu grup dengan Kosta Rika, Swiss, dan Serbia. Dua dari tiga tim penghuni grup itu juga raja kartu, jadi bisa dibayangkanlah pertarungan yang terjadi di antara mereka.

Uruguay satu grup dengan Rusia, Mesir, dan Arab Saudi di Grup A, yang akan memulai laga pada hari pertama.

Sementara itu Meksiko akan bertarung dengan Jerman, Swedia dan Korea Selatan. Die Mannschaft mungkin sudah tak sekasar dulu, tapi Korea Selatan masih menghasilkan kartu banyak akhir-akhir ini.