Siapa Favorit Juara Piala Dunia 2018? Siapa Diremehkan?

Cristiano Ronaldo melaju melewati satu pemain Aljazair saat Selecao menang 3-0 pada laga persahabatan 8 Juni lalu.
Cristiano Ronaldo melaju melewati satu pemain Aljazair saat Selecao menang 3-0 pada laga persahabatan 8 Juni lalu.

Berita Terbaru – Portugal dijagokan punya peluang sepertiga saja dibandingkan Spanyol. Empat urutan teratas kita sudah tahu siapa: dua tim Amerika Selatan plus dua Eropa.

Brasil menempati urutan teratas tim yang dijagokan menjuarai Piala Dunia 2018 dengan peluang sebanyak 14,2% menurut Opta, sebuah perusahaan yang hidup-matinya mengurusi data sepak bola. Brasil baru saja menang 3-0 atas tuan rumah Austria pada laga persahabatan tadi malam.

Di tiga posisi berikutnya berturut-turut adalah Jerman, sang juara bertahan, dengan 11,4%, disusul oleh Argentina 10,9%, dan Perancis 10,5%. Setelah itu menempel tipis di bawahnya adalah Spanyol dengan 9,3%.

Jauh di bawah lima besar itu adalah Belgia dan Portugal dengan 3,8% dan 3,3%, selain Uruguay dengan 3%. Inggris yang mengirim skuad berusia muda hanya berpeluang 1,9% saja menjadi juara, menurut prediksi Opta.

Mesir, yang bertekad mencatatkan sejarah di ajang Piala Dunia ini, jauh berada di bawah, diramalkan hanya memiliki 1,3% saja peluang menjadi juara. Tapi yang paling mengenaskan tentu saja adalah dua tim Afrika dan satu tim kejutan dari benua Amerika, yang menduduki tiga urutan terbawah. Berturut-turut mereka adalah Tunisia 0,8%, Panama 0,7% dan Maroko 0,5%.

Advertisement

Manajer Manchester United Jose Mourinho yang mencari kerja sampingan sebagai komentator untuk TV Rusia pada kejuaraan ini, meramalkan beberapa tim yang diperkuat pemain Setan Merah, tidak akan melaju jauh-jauh di Piala Dunia.

Berikut prediksi Jose Mourinho soal siapa saja yang lolos fase grup Piala Dunia 2018:

Grup A: Uruguay dan Rusia.
Grup B: Spanyol dan Portugal.
Grup C: Perancis dan Australia.
Grup D: Argentina dan Nigeria.
Grup E: Brasil dan Swiss.
Grup F: Jerman dan Meksiko.
Grup G: Inggris dan Belgia.
Grup H: Senegal dan Polandia.