Piala Dunia Qatar Tanpa Peserta? Lihat Belanda Ikuti Jejak Jerman dan Norwegia

Gila Bola – Sepertinya kita harus bersiap-siap melihat Piala Dunia 2022 di Qatar tanpa peserta berarti setelah timnas Belanda mengikuti jejak Norwegia dan Jerman, mengirim peringatan serius soal pelanggaran hak asasi di negeri Teluk itu, terutama perlakuan mereka terhadap para pekerja asing yang membangun stadion.

Norwegia adalah tim pertama yang memulai kampanye serangan hak-hak asasi manusia terhadap Qatar dengan menuliskan di kaos mereka “Hak-hak asasi manusia di dalam dan di luar lapangan”. Hari ini sebelum laga melawan Turki dimulai, yang skornya untuk sementara 0-2 bagi keunggulan Yusuf Yazici dan kawan-kawan, ada tulisan tambahan di bawahnya “Norwegia sudah, Jerman sudah, siapa berikutnya?”

Jerman pada laga pertama kualifikasi melawan Islandia menampilkan para pemain berdiri berjajar dengan tulisan di kaos pemanasan mereka “Hak-hak asasi manusia”. Dan pada Minggu dinihari 28 Maret 2021, timnas Belanda menyusul dengan pesan yang lebih tersamar, “Sepak bola mendukung perubahan.” Dibandingkan dua pesan dari timnas Norwegia dan timnas Jerman, pesan yang satu ini terasa lebih diplomatis dan tidak semendesak dua negara lainnya itu.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Apakah kita melihat ada skenario tersembunyi dari negara-negara ini untuk memastikan kelolosan mereka ke putaran final di Qatar pada Desember 2022 dan kemudian mengumumkan aksi boikotnya? Jika dilakukan jauh-jauh hari maka FIFA bisa mengambil keputusan untuk mengirim tim lain yang menduduki urutan selanjutnya dari grup kualifikasi masing-masing. Tapi jika sikap itu diambil pada hari terakhir jelang turnamen dimulai, jelas hal ini akan mempermalukan bukan hanya Qatar tapi juga FIFA.

Otoritas sepak bola dunia itu bisa mengambil langkah-langkah sanksi untuk menjamin hajatan sepak bola terbesar di muka planet bumi tidak akan diganggu oleh sikap satu, dua atau mungkin 10 tim negara Eropa.