Preview Belgia vs Jepang, Pertarungan Dua Kualitas Berbeda

Belgia menghadapi Jepang pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Selasa (2/7) dini hari pukul 01:00 WIB.
Berita Terkini - Belgia menghadapi Jepang pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Selasa (2/7) dini hari pukul 01:00 WIB.

Berita Bola – Belgia menghadapi Jepang pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Selasa (2/7) dini hari pukul 01:00 WIB.

Jepang mungkin lolos ke babak 16 besar tetapi mereka bukan favorit untuk memenangkan turnamen. Sebuah kejutan besar jika mereka mengalahkan Belgia di sini. Setan Merah akan berharap lolos ke delapan besar dan jika itu benar terjadi maka mereka adalah favorit juara di turnamen ini.

Di atas kertas mereka sangat mengesankan di bawah Roberto Martinez, tak terkalahkan sejak kekalahan melawan Spanyol di pertandingan pertamanya sebagai pelatih Belgia. Dan di Piala Dunia tahun ini, mereka tampil mengesankan, finish sebagai juara grup dengan raihan sembilan poin.

Lolosnya Jepang ke babak 16 besar mungkin keberuntung terbesar dalam sejarah kompetisi. Satu-satunya kemenangan grup mereka terjadi melawan tim Kolombia yang bermain dengan 10 pemain selama 87 menit. Mereka lolos berkat catatan Play Fair yang lebih baik dari Senegal karena kedua tim ini sama poin, sama selisih gol, sama produktifitas gol, dan sama head-to-head.

Dengan catatan itu, sulit rasanya bagi Jepang untuk menghadapi Belgia yang tampil gemilang sejak awal di Piala Dunia ini. Apalagi Samurai Biru kehilangan senjatanya saat melawan tim-tim dari Eropa, kalah lima kali di laga persahabatan. Salah satunya melawan Belgia tahun laluPrediksi skor: Belgia 3-0 Jepang.

BACA:  Prediksi Brasil vs Uruguay, Serangan Tumpul Lawan Raja Kebobolan

Head-to-head Belgia vs Jepang. Jepang memenangkan 2 dari 3 pertemuan terakhir termasuk kemenangan 4-0 melawan Belgia. Setan Merah telah membaik sejak saat itu dan menang 1-0 November lalu pada laga persahabatan lainnya. Pertemuan kompetitif satu-satunya usai imbang 2-2 di Piala Dunia 2002.

Statistik Pertandingan Belgia vs Jepang:

  • Belgia lolos ke sistem gugur Piala Dunia untuk keenam kalinya dalam tujuh penampilan di Piala Dunia. Mereka ingin lolos ke perempat final untuk ketiga kalinya setelah 1986 dan 2014.
  • Belgia mencetak lebih banyak gol daripada tim lain di babak grup Piala Dunia tahun ini (9 gol). Mereka juga satu dari tiga tim yang memenangkan ketiga pertandingan mereka (bersama Kroasia dan Uruguay).
  • Belgia tidak terkalahkan dalam 22 laga terkininya (W17 D5), kekalahan terakhir September 2016 melawan Spanyol (0-2).
  • Sejak membuat debut Piala Dunia pada tahun 1998, Jepang telah tersingkir di babak grup (1998, 2006, 2014) dan mencapai babak 16 besar (2002, 2010, 2018). Sejauh ini mereka belum pernah berhasil melewati babak 16 besar.
  • Romelu Lukaku mencetak 23 gol dalam 20 penampilan untuk Belgia di bawah manajer Roberto Martinez, mencetak empat gol dari empat tembakan tepat sasaran di Piala Dunia tahun ini. Bersama Cristiano Ronaldo, ia adalah satu-satunya pemain di babak grup yang mencetak gol dengan kaki kanannya, kaki kiri dan kepalanya.

Perkiraan Susunan Pemain Belgia vs Jepang:

  • Belgia: Courtois, Alderweireld, Boyata, Vertonghen, Carrasco, Witsel, De Bruyne, Meunier, Hazard, Mertens, Lukaku. 
  • Jepang: Kawashima, Sakai, Shoji, Yoshida, Nagatomo, Hasebe, Shibasaki, Inui, Kagawa, Haraguchi, Osako.