Preview Kolombia vs Inggris, Jalan Tol ke Final Piala Dunia 2018

Kolombia bertemu Inggris di babak 16 besar Piala Dunia 2018, Rabu (4/7) dinihari WIB.
Berita Terkini - Kolombia bertemu Inggris di babak 16 besar Piala Dunia 2018, Rabu (4/7) dinihari WIB.

Berita Bola – Timnas Kolombia akan hadapi Timnas Inggris di babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Otkrytiye Arena, Moskow, Rabu (4/7) dinihari pukul 01:00 WIB.

Inggris alami kekalahan mengecewakan di laga terakhir melawan Belgia (0-1), Kamis lalu, dan mereka pun finish sebagai runner-up grup. Namun, Inggris bisa dibilang beruntung karena memiliki rute yang lebih mudah dibandingkan Belgia. Jika pasukan Gareth Southgate berhasil kalahkan Los Cafeteros, mereka akan melawan Swedia atau Swiss dalam perjalanan ke semifinal.

Kolombia maju ke babak 16 besar untuk ketiga kalinya dalam sejarah mereka, berturut-turut kedua setelah pencapaian mengesankan empat tahun lalu di Brasil. Los Cafeteros memiliki manajer yang sama di sini, tetapi mereka tidak terlihat menggetarkan seperti sebelumnya.

Los Cafeteros hanya mengingatkan gaya mereka empat tahun itu pada matchday kedua, saat kalahkan Polandia 3-0. Mereka pun berharap bisa tampil seperti itu lagi, saat melawan Inggris malam nanti untuk melaju ke babak perempatfinal. 

Di sisi lain, striker andalan Timnas Inggris, Harry Kane, telah tampil mengesankan dengan  mengoleksi lima gol dalam dua pertandingan awal dan menjadi top skorer sementara. Akan menarik untuk melihat apakah dia mampu mempertahankan penampilan yang sama di laga ini. Prediksi skor: Kolombia 1-2 Inggris.

BACA:  Prediksi Kroasia vs Spanyol 16 November 2018 UEFA Nations League

Head-to-head Kolombia vs Inggris

Head-to-head terakhir adalah kemenangan Inggris 3-2 pada laga persahabatan 2005 dengan hatrick dari Michael Owen di New Jersey. The Three Lions juga kalahkan Kolombia 2-0 di Piala Dunia 1998 di mana David Beckham mencetak gol tendangan bebas.

Sementara hasil imbang antara kedua tim beberapa tahun sebelumnya sangat dikenang, karena tendangan kalajengking Rene Higuita yang terkenal. Tim telah bertemu lima kali sebelumnya secara keseluruhan dan Inggris tetap tak terkalahkan melawan tim dari Amerika Selatan ini.

Statistik Pertandingan Kolombia vs Inggris

  • Kolombia lolos ke sistem gugur Piala Dunia untuk ketiga kalinya kali ini.
  • Tiga dari lima gol Kolombia di Piala Dunia tahun ini berasal dari bola-bola mati (dua dari tendangan sudut, satu dari tendangan bebas langsung), sementara Inggris mencetak lebih banyak gol dari situasi bola mati daripada tim lain di babak grup (enam gol).
  • Kolombia telah mencetak gol pada delapan laga Piala Dunia terkininya, rangkaian terlama saat ini dari tim manapun pada akhir babak grup 2018. Terakhir kali Kolombia gagal mencetak gol di turnamen adalah pada Juni 1998 melawan Inggris (0-2).
  • Inggris hanya memenangi dua dari delapan pertandingan terakhir mereka di Piala Dunia (vs Denmark pada 2002, vs Ekuador pada 2006). Mereka lolos dalam enam dari delapan pertandingan sebelumnya di fase knock out.
  • Inggris hanya gagal mencetak gol dalam satu dari 18 pertandingan knock-out mereka di Piala Dunia, melawan Portugal di perempatfinal 2006 (0-0 pada extra time, 1-3 saat adu penalti).
  • Harry Kane telah bermain 153 menit di Piala Dunia, tetapi hanya Gary Lineker (10 gol) yang mencetak gol lebih banyak untuk Inggris di turnamen tersebut daripada striker Tottenham tersebut (lima gol). Jika Kane mencetak gol melawan Kolombia, dia akan menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam enam pertandingan berturut-turut untuk The Three Lions sejak Tommy Lawton pada tahun 1939.

Perkiraan Susunan Pemain Kolombia vs Inggris

BACA:  Tragis! Sudah Kalah 3-2, Nasib Spanyol Tergantung Inggris dan Kroasia

Kolombia: Ospina, Arias, Mina, Davinson Sanchez, Mojica, Carlos Sanchez, Uribe, Cuadrado, Quintero, Muriel, Falcao.

Inggris: Pickford, Walker, Stones, Maguire, Trippier, Henderson, Loftus-Cheek, Lingard, Young, Sterling, Kane.