Real Madrid Umumkan Pelatih Baru, Timnas Spanyol Marah

Julen Lopetegui terlihat bersama Gerard Pique pada saat latihan timnas Spanyol.
Julen Lopetegui terlihat bersama Gerard Pique pada saat latihan timnas Spanyol.

Berita Bola – Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol berang Real Madrid mengumumkan soal Julen Lopetegui hanya selang beberapa hari saja sebelum laga perdana Piala Dunia 2018 di Rusia.

Pelatih berusia 51 tahun itu dipastikan menggantikan peran Zinedine Zidane di Los Blancos yang hengkang pada bulan lalu, tepatnya lima hari seusai memenangi trofi Liga Champions ketiganya.

Eks penjaga gawang ini bukan sosok yang asing di Santiago Bernabeu, sebab ia pernah bermain bagi tim Castilla dan sempat masuk ke tim utama El Real.

Ia pun pernah menjadi pelatih tim Real Madrid B, sebelum mencari peruntungan di tim U19, U20 dan U21 timnas Spanyol.

Akan tetapi kini Julen Lopetegui dipastikan menjadi pelatih anyar Real Madrid, setelah klub yang dipimpin Florentino Perez itu menebus klausul pelepasannya.

“Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol [RFEF] telah menerima [pembayaran] klausul pelepasan sehingga sang pelatih bisa melatih Real Madrid,” bunyi pernyataan federasi, seperti dikutip dari Marca.

Kabarnya Madrid berani membayar Rp 32 miliar untuk membatalkan kontrak yang beberapa waktu lalu telah disepakati dan ditandatangani oleh sang juru taktik.

Sementara itu wakil presiden RFEF Rafael Del Amo menyesalkan pemilihan waktu pengumuman yang dilakukan Los Galacticos sebab saat ini La Roja sedang fokus sepenuhnya ke Piala Dunia 2018. Ia khawatir hal itu akan memecah konsentrasi timnas Spanyol.

“Saya rasa ini bukan waktu yang tepat. Lopetegui tahu ada banyak yang dipertaruhkan,” ujar Del Amo, pada Radio MARCA. “Saya tidak menyukainya, ini bukan berita yang ingin saya dengar.”

“Kita seharusnya fokus pada apa yang ada saat ini dan apa yang akan kita lakukan. Saya rasa mereka seharusnya mencari waktu yang lebih tepat [untuk memberikan pengumuman],” tegasnya.