Tak Produktif di Premier League, Striker Serbia Ini Sibuk Bikin 5 Gol Dalam Tiga Laga Kualifikasi Piala Dunia

Gila Bola – Pekan yang luar biasa bagi pemain Liga Inggris ini. Hari Rabu dia mencetak gol dengan congkelan dari jarak 30 meter. Hari Sabtu menjadi top skor terbanyak tim nasional Serbia sepanjang masa pada usia 26 tahun. Hari Selasa (30/3) menjadi pemain Serbia pertama yang melesakkan 41 gol.

Status Aleksandar Mitrovic adalah penyerang Fulham, tapi sepanjang musim ini dia hanya melesakkan tiga gol saja bagi tim Premier League itu, dengan tujuh gol sisanya sejauh musim 2020/21 dicetak bagi tim nasional Serbia, termasuk dua gol tadi malam saat menghadapi tuan rumah Azerbaijan di Baku Olympic Stadium.

Tentu itu bukan sepenuhnya kesalahan Aleksandar Mitrovic karena seorang penyerang bergantung pada suplai bola dari gelandang atau bek sayap. Jika tidak ada si bundar datang, ya tidak akan ada gol. Hal ini terlihat dari catatan 23 gol Fulham sejauh musim 2020/21 ini, salah satu tim Liga Inggris dengan produktifitas terburuk setelah Sheffield United (16), West Brom (20) dan Burnley (22).

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Ini juga menunjukkan pemain 26 tahun itu berhasil menemukan partner serangan yang cocok di tim nasional Serbia, tapi di saat yang sama menimbukan pertanyaan soal taktik permainan manajer Scott Parker di Fulham. Salah apa sehingga Mitrovic bisa dengan mudah mencetak lima gol dalam tiga laga kualifikasi Piala Dunia bagi Serbia bulan Maret 2021 ini, tapi nihil gol bagi Fulham sejak terakhir kali mencetak dua gol di Leeds United pada 19 September 2020.

Serbia Menang 1-2 di Azerbaijan

Serbia yang menduduki urutan 30 dalam daftar ranking FIFA itu mendominasi segala-galanya dalam laga kualifikasi Piala Dunia tadi malam di Baku Olympic Stadium, termasuk persentase penguasaan bola (36:64), percobaan serangan (7:16) dan tembakan tepat sasaran (2:7).

Azerbaijan, tim yang menduduki urutan 108 dalam ranking FIFA, beruntung memiliki kiper Sahruddin Mahammadaliyev, yang melakukan lima penyelamatan penting guna mencegah tuan rumah kebobolan lebih banyak gol.

Serbia dibuat berdebar setelah Pemain Eintracht Frankfurt Filip Kostic melakukan tackle kasar di dalam kotak dan wasit menghadiahkan penalti yang diselesaikan secara baik oleh Emin Makhmudov pada awal babak kedua. Skor 1-1 sempat bertahan sampai 10 menit jelang akhir sebelum Mitrovic menambahkan gol keduanya pada menit 81.

Dengan hasil ini maka Serbia masih memimpin klasemen Grup A zona Eropa dengan tujuh poin, hasil dari dua kemenangan dan satu hasil imbang. Satu-satunya hasil imbang (2-2) terjadi saat melawan Portugal yang membuat Cristiano Ronaldo mengamuk terakhir kali. Kemanngan lainnya terjadi saat mereka mengalahkan Republik Irlandia 3-2, pada tanggal 24 Maret 2021, dengan Mitrovic juga melesakkan dua gol.