Wasit Arab Saudi Dicoret dari Piala Dunia 2018

Wasit Arab Saudi, Fahad Al-Mirdasi, dicoret dari daftar wasit Piala Dunia 2018.
Berita Terkini - Wasit Arab Saudi, Fahad Al-Mirdasi, dicoret dari daftar wasit Piala Dunia 2018.

Gilabola.com – Awal bulan ini, Fahad Al-Mirdasi telah diganjar larangan menjadi wasit seumur hidupnya di Arab Saudi akibat kasus pengaturan skor. Kini, Fifa resmi mencoret namanya dari daftar wasit Piala Dunia Rusia/2018, Juni – Juli mendatang.

Di negaranya, Arab Saudi, Fahad Al-Mirdasi sudah terbukti tawarkan diri untuk menerima suap yang mempengaruhi hasil pertandingan.

“Komite Wasit Fifa telah mempertimbangkan dan putuskan, untuk Piala Dunia Fifa 2018 tidak nanti wasit Fahad Al-Mirdasi akan segera ditarik,” demikian pernyataan yang dikeluarkan Fifa.

Otoritas sepakbola dunia itu menetapkan pula, asisten wasit yang selama ini mendampingi Al-Mirdasi, yakni Mohammed Al Abakry dan Abdulah Alshalwai, juga akan dikeluarkan dari Piala Dunia Rusia.

“Sejalan dengan filosofi Fifa secara keseluruhan untuk mencari pejabat pertandingan sebagai sebuah tim yang terdiri dari tiga orang, Komite Wasit Fifa juga putuskan untuk mencoret dua asisten wasit Fahad Al-Mirdasi, yakni Mohammed Al Abakry dan Abdulah Alshalwai, yang berada satu tim dengan Al Mirdasi,” lanjut pernyataan Fifa tersebut.

Advertisement

Meski demikian, kedua asisten wasit itu dinyatakan TIDAK TERLIBAT dalam insiden yang menyebabkan Al-Mirdasi dilarang tampil di Piala Dunia nanti.

Terkait hal ini, Fifa tidak langsung mencari pengganti Al-Mirdasi. Namun, Fifa langsung tetapkan siapa pengganti dua asisten wasit yang dicoret. Fifa pun memanggil Mohammed Abdulla dari Uni Emirat Arab dan Ryuji Sato dari Jepang untuk jadi pengganti darurat bagi Al Abakry dan Alshalwai.