Ansu Fati Klaim Delapan Rekor Selama Lima Bulan di Barcelona

Gilabola.com – Ansu Fati menjadi terbiasa pecahkan rekor sejak ia memperkuat tim utama Barcelona. Pemain remaja tersebut memulai debutnya pada 25 Agustus 2019 di bawah Ernesto Valverde.

Dia mencetak dua gol pertama dalam satu pertandingan saat Blaugrana hadapi Levante akhir pekan lalu. Lewat dua gol tersebut, Ansu pun mengklaim delapan rekor sejak ia memulai debutnya di skuad utama lima bulan lalu.

Sama seperti Lionel Messi ketika bintang Argentina itu memasuki karirnya untuk tim utama, Ansu juga membuat tanda sebagai ‘pemain termuda untuk ..’ di berbagai kategori. Dia jadi pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Champions, lalu menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk Barca di LaLiga – dan juga di kompetisi papan atas Eropa.

Advertisement

Mengukir Sejarah

Ansu menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Champions pada 10 Desember lalu, saat ia berusia 17 tahun 40 hari. Ia mengalahkan rekor 17 tahun 155 hari, yang sebelumnya dipegang pemain asal Ghana, Peter Ofori-Quaye, yang mencetak gol untuk Olympiakos pada 1997 lalu.

Gol Ansu tersebut terjadi di Giuseppe Meazza, saat Barca hadapi Inter – hanya 90 detik setelah ia masuk lapangan. Secara alami, menurut Sport, ia juga menjadi pemain Barca termuda yang mencetak gol di kompetisi teratas Eropa mengalahkan Bojan Krkic, yang mencetak gol di laga melawan Schalke 04 ketika ia berusia 17 tahun 217 hari.

Ansu Fati berikan peran protagonis

Ansu juga memecahkan rekor Bojan Krkic sebagai pencetak gol termuda untuk Blaugrana di LaLiga. Pemain sayap Timnas Spanyol U-21 itu baru berusia 16 tahun 304 hari saat ia mencetak gol melawan Osasuna. Sedangkan Bojan, berusia 17 tahun 51 hari ketika dia mencetak gol ke gawang Villarreal.

Pada Minggu (2/2) lalu, Ansu menjadi pemain termuda yang mencetak dua gol di LaLiga di usia 17 tahun 94 hari. Dia mengklaim rekor yang sebelumnya dipegang Juanmi Jimenez dari Malaga, yang mencetak gol pertama di LaLiga pada usia 17 tahun 115 hari.

Pada 14 September, tepatnya di laga melawan Valencia, Ansu mengklaim tiga rekor sekaligus. Yakni, sebagai pemain termuda yang memulai debutnya sebagai starter, pemain termuda yang mencetak gol di Camp Nou, dan mencetak serta membantu timnya dalam satu pertandingan LaLiga. Ketiga rekor itu dibukukan Ansu pada usia 16 tahun 318 hari.

Rekor baru lagi tiga hari kemudian

Tiga hari kemudian, dan Ansu menjadi pemain Barca termuda yang memulai debutnya di Liga Champions saat ia bermain di laga melawan Borussia Dortmund, pada usianya yang masih 16 tahun 321 hari. Laga itu juga menjadi pertandingan resmi keempatnya bersama Blaugrana.

Satu-satunya catatan yang tidak diklaim Ansu Fati, adalah menjadi pemain termuda yang pernah memulai debutnya untuk Barça. Dia memang memulai debutnya pada usia 16 tahun 298 hari, atau 18 hari lebih lama dari yang dilakukan Vicenç Martinez di musim 1941/42 silam.