Apa Itu Barcagate? Kasus yang Menjerat Mantan Presiden Barcelona Josep Bartomeu

Gilabola.com – Josep Maria Bartomeu dan mantan direktur Barcelona lainnya telah ditangkap pada Senin pagi ini waktu karena skandal Barcagate. Mereka ditahan oleh Mossos de Esquadra, kepolisian Catalan, yang telah menggeledah kantor klub.

Apa itu skandal Barcagate dan bagaimana itu menjerat Josep Maria Bartomeu? Berikut kami ulas lebih dalam.

Apa itu Barcagate?

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Investigasi skandal Barcagate dimulai setelah adanya pengaduan yang dibuat oleh sekelompok anggota yang disebut Dignitat Blaugrana. Barcagate adalah tuduhan bahwa Barcelona Рdalam hal ini Josep Maria Bartomeu Р membayar perusahaan I3 Ventures untuk pekerjaan pemantauan media sosial, meningkatkan citra Bartomeu, dan merusak citra para pemain dan mantan direktur tertentu. Istilah Indonesia mirip dengan Buzzer.

Kapan Kasus ini Muncul?

Pada 17 Februari 2020, Cadena SER mengungkapkan bahwa Barcelona telah mengontrak I3 Ventures sejak akhir 2017 lalu. Dilaporkan bahwa perusahaan milik Carlos Ibanez ini menggunakan setidaknya enam akun Facebook berbeda untuk merusak citra tokoh Barcelona yang tidak sejalan dengan Bartomeu. Lionel Messi dan Gerard Pique di antara mereka yang menjadi target.

Kejahatan apa yang Dituduhkan?

Penyelidikan yudisial sedang melihat kemungkinan kejahatan adanya penggelembungan nilai kontrak antara Barcelona dengan I3 Ventures yang tidak sesuai dengan harga pasar. Ada juga dugaan bahwa ini menjadi lahan korupsi individu, dengan ada tuduhan bahwa ada direktur yang menerima komisi.

Sebuah laporan dari unit investigasi kriminal kepolisian Catalan diserahkan kepada hakim Alejandra Gil Lima, dan diyakini ada tanda-tanda korupsi pada kasus ini mengingat klub mungkin telah membayar harga enam kali lebih tinggi daripada harga pasar untuk layanan tersebut.

Bagaimana Bisnis Bacagate Dijalankan?

Menurut laporan tersebut, Barcelona membayar 17 Milyar per tahun kepada I3 Ventures untuk pemantauan media sosial dan promosi media sosial untuk Bartomeu dan dewan direksi. Pembayaran tersebut diduga dilakukan melalui berbagai faktur yang melewati berbagai departemen dan selalu di bawah Rp 3,5 Milyar, yang berarti tidak perlu disetujui oleh dewan.

Belakangan terungkap berbagai perusahaan yang menerima pembayaran semacam itu. Mereka adalah NSG Social Science Ventures SL, Tantra Soft SA, Digital Side SA, Big Data Solutions SA dan Futuric SA, selain I3 Ventures. Semuanya terkait dengan Carlos Ibanez.

Bagaimana Tanggapan Klub?

Saat itu, Barcelona merilis pernyataan resmi yang membantah kabar tersebut .Mereka memang mengakui bahwa I3 Ventures adalah penyedia layanan klub, tetapi tidak ada hubungan dengan akun yang memposting propaganda.

Kapan Polisi Pertama Kali Menggeledah Kantor Barcelona?

Polisi kembali ke Camp Nou Senin ini, tapi itu bukan pertama kalinya mereka menggeledah kantor klub. Mereka juga melakukannya musim panas lalu, mencari dokumentasi terkait skandal Barcagate ini.