Arturo Vidal Tak Cetak Gol Sejak Barcelona Dilatih Setien

Arturo Vidal Tak Cetak Gol Sejak Barcelona Dilatih Setien

Gilabola.com – Arturo Vidal tercatat tak pernah mencetak gol sejak Barcelona dilatih Quique Setien. Masa sih?

Sejauh musim ini, Vidal berhasil bukukan enam gol. Torehan itu cukup membuatnya menjadi gelandang paling berprestasi di skuad Blaugrana, dan juga menjadi pemain tersubur keempat yang paling banyak mencetak gol, atau nomor dua setelah trisula lini serang Barca, yakni Lionel Messi (19 gol), Luis Suárez (11) dan Antoine Griezmann (delapan gol).

Namun, Vidal frustrasi sejak kedatangan Quique Setién. Dalam 10 pertandingan yang dipandu pelatih Cantabria itu, Vidal seakan paceklik gol. Secara khusus, ia telah menambah waktu bermainnya selama 513 menit, tapi tak ada gol yang tercipta. Sementara ketika masih diasuh Ernesto Valverde, Vidal rata-rata bisa kantongi gol setiap 149 menit.

Tapi, itu tidak berarti Vidal tak berkontribusi sedikitpun dalam terciptanya koleksi gol Blaugrana. Pasalnya, Setien justru telah memainkan gelandang 32 tahun itu ke area yang lebih dekat ke daerah penyerangan, bahkan lebih dekat dari sebelumnya.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Itulah sebabnya, Arturo Vidal kemudian sukses bukukan dua assist untuk Messi, yakni di laga melawan Granada di mana Barca menang 1-0 dan pertandingan kontra Eibar yang dimenangkan skuad Setien dengan skor telak, 5-0.

Di sisi lain, bersama Valverde, ia lebih egois dalam segi ini, karena dalam 21 pertandingan yang ia mainkan, Vidal hanya berikan satu assist, yakni kepada Luis Suárez, di pertandingan Liga Champions melawan Inter Milan di Camp Nou, yang dimenangkan Barca, 2-1.

Diungkapkan AS, Vidal lakukan debutnya sebagai pencetak gol dalam pertandingan pertamanya di Barca musim ini, yakni di laga Barcelona kontra Betis yang berakhir 5-2 pada 26 Agustus tahun lalu.

Dengan memanfaatkan 16 menit waktu bermain yang dimilikinya, Vidal berhasil mencetak gol kelima Barca di laga tersebut. Dari laga itulah, penampilan ofensifnya seakan tak terbendung, di mana ia berhasil mencetak gol kedua di laga Sevilla (4-0), lalu saat Barca menang di laga melawan Valladolid (5-1) dan gol kemenangan di Leganés (1- 2).

Lalu, ia juga tercatat bukukan gol kedua di laga melawan Alavés (4-1) dan lagi, gol kedua dalam derby Catalan yang berakhir imbang 2-2.

Bersama Valverde dan Setién, Vidal sudah tampil sebagai starter dalam tiga pertandingan berturut-turut musim ini. Bersama Txingurri, ia kembali ke laga melawan Valladolid, Leganés dan Slavia Praha. Sementara dengan Setién ia berhasil melawan Eibar, Napoli dan Real Madrid.

Vidal masih berjuang sebagai pemain pengganti, meskipun penampilannya sudah meningkat setelah kedatangan pelatih baru. Bersama Valverde, Vidal tampil sebagai pengganti dalam 14 dari 21 pertandingan yang dimainkan Barca (69 persen), sementara di bawah Setién ia menjadi pemain pengganti di empat dari 10 pertandingan Blaugrana, atau sekitar  40 persen.

Hal lain, jika kita melihat lengkap tidaknya pertandingan yang dimainkan Vidal, bersama Valverde dia hanya bermain penuh selama 90 menit dalam lima dari 21 pertandingan, atau sebanyak 24 persen.

Sementara bersama Setién, dia hanya bisa menyelesaikan pertandingan yang dia mainkan di laga melawan Eibar di Camp Nou, atau hanya 10 persen saja. Nasib buruk juga dialami Arturo Vidal, karena ia diusir di menit ke-89, dalam laga leg pertama babak 16 besar melawan Napoli dan berhasil membuat pertandingan keduanya di era Setien tidak berakhir.