Barcelona 1-0 Levante, Siapa Lagi Kalau Bukan Messi Pahlawannya?

Gilabola.com – Ketergantungan Barcelona pada Lionel Messi terus terlihat, termasuk dalam kemenangan susah payah 1-0 atas Levante di Camp Nou pada lanjutan Liga Spanyol, Senin (14/12).

Barcelona sekali lagi membutuhkan keajaiban Messi untuk menjadi pembeda dengan penyerang Argentina itu akhirnya mencetak gol tunggal kemenangan timnya melawan pertahanan rapat Levante yang sangat sulit dilawan. Bahkan 50 persen, atau 12 dari 24 total tembakan yang dilancarkan Blaugrana adalah dari upaya La Pulgayang akan menjadi tanda tanya besar bagaimana masa depan raksasa Catalan tanpa top skor sepanjang masa mereka, yang bisa pergi pada akhir musim ini.

Di sisi lain, apresiasi juga untuk Frenkie de Jong, pemain lain yang tampil menonjol selama kemenangan Barcelona atas Levante, dengan gelandang Belanda itu bertanggung jawab menciptakan peluang dan assist untuk gol Messi. Berikut rapor pemain Blaugrana usai hasil yang membawa mereka naik ke urutan kedelapan klasemen sementara Liga Spanyol dengan 17 poin dari 11 laga.

  • Marc-Andre ter Stegen (GK) – 7,0 – Levante akan memimpin di babak pertama jika bukan karena tangan kuat kiper Jerman untuk menepis tembakan Jorge de Frutos.
  • Jordi Alba (LB) – 7,0 – bek kiri tidak seaktif biasanya dalam serangan, meskipun dia cukup mengesankan dalam tugas defensifnya.
  • Clement Lenglet (CB) – 6,0 – bek Prancis itu sedikit lemah di lini belakang. Dia juga menyia-nyiakan peluang membuka skor dari jarak dekat pada paruh pertama.
  • Ronald Araujo (CB) – 6,5 – sempat kerepotan selama babak pertama, bangkit dan membaik selama pertandingan, dan tetap tenang selama sisa pertandingan
  • Sergino Dest (RB) – 7,0 – Sebagian besar ancaman serangan Barcelona datang dari sisi sayapnya, terutama selama babak pertama. Seperti Jordi Alba di sayap lain, tidak ada yang bisa memanfaatkan servis pemain Amerika itu.
  • Sergio Busquets (DM) – 6,0 – Selama 58 menit berada di lapangan, gelandang Catalonia ini tampil tenang bersama De Jong. Hari-hari terbaiknya tampaknya telah berlalu di Barcelona.
  • Frenkie De Jong (CM) – 8,0 – Koeman tampaknya mendapatkan yang terbaik dari mantan anak asuhnya di timnas Belanda, menyediakan assist bagi gol Messi. De Jong juga memiliki kemampuan untuk membuat perbedaan bagi Blaugrana di masa depan.
  • Philippe Coutinho (AM) – 6,5 – pergerakannya bagus, tapi eksekusinya mengecewakan dengan tembakannya lebih banyak yang meleset ketimbang tepat sasaran. Digantikan Trincao pada paruh kedua.
  • Martin Braithwaite (LW) – 6,5 – Pemain Denmark itu bermain di beberapa posisi berbeda dalam serangan Barcelona dan mungkin seharusnya mendapatkan gol di sini. Tapi perannya dalam permainan cukup bagus.
  • Antoine Griezmann (RW) – 7,0 – bekerja giat di sayap kanan, eks penyerang Atletico Madrid itu punya beberapa peluang berbahaya, tapi Aitor Fernandez selalu berhasil mencegahnya. Griezmann juga menyediakan 4 key passes bagi rekannya.
  • Lionel Messi (ST) – 9,0 – selalu menghasilkan ancaman, baik melalui tembakan, membuka ruang, menciptakan peluang, dengan eksekusi bola matinya juga kerap memanjakan rekannya di depan. Messi akhirnya keluar sebagai pembeda jelang akhir babak kedua untuk memberikan kemenangan bagi timnya setelah 12 tembakan dan tiga kali key passes.
  • Pedri – 6,5 – Barcelona meningkat pesat setelah remaja itu menggantikan Busquets pada awal babak kedua. Kontribusi Pedri dalam menyerang semestinya membuatnya menjadi andalan tim Catalonia itu pada masa depan.
  • Trincao – nihil – masuk di 20 menit akhir pertandingan untuk menggantikan Coutinho.
  • Samuel Umtiti – nihil – mantan bek Lyon masuk pada beberapa menit terakhir untuk bermain bersama Lenglet dan Araujo.
Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Rapor pemain Levante: Aitor Fernandez (8,0); Carlos Clerc (6,0), Ruben Vezo (6,0), Sergio Postigo (6,5), Coke (6,5); Gonzalo Melero (6,0), Mickael Marsa (6,5), Nikola Vukcevic (6,0), Jorde de Frutos (6,0); Roger Marti (6,0), Dani Gomez (5,5); Jose Luis Morales (5,5), Nemanja Radoja (5,5), Jorge Miramon (6,0), Sergio Leon (nihil), Francisco Javier Hidalgo Gomez (nihil).

AHABET
AHABET