Barcelona Ambisi Rombak Total Lini Belakang Skuadnya

Gilabola.com – Barcelona lakukan pergerakan besar-besaran di lini belakang skuadnya musim panas ini.

Tiga pemain belakang El Barca; Clement Lenglet, Sergino Dest – yang baru datang musim lalu, dan Samuel Umtiti, rencananya akan tinggalkan Camp Nou dalam waktu beberapa pekan mendatang.

Pekan yang berat datang, karena Barca perlu singkirkan sejumlah pemainnya. Antoine Griezmann dan Philippe Coutinho menjadi dua nama teratas yang harus mereka singkirkan musim panas ini, tapi revolusi di tim yang semula raksasa Catalan tersebut tak berhenti sampai di situ.

Advertisement

Perubahan juga akan dilakukan Barcelona secara besar-besaran di lini belakang skuad mereka. Pintu keluar pun dipertimbangkan akan terbuka bagi Lenglet dan Dest – yang baru saja didatangkan dari Ajax musim lalu, serta Umtiti – yang sudah lama ingin dibuang Barca tapi tak laku-laku.

Sebagian besar anggota skuad Barca saat ini sudah dilempat ke bursa transfer dalam satu atau lain cara. Lenglet memang jadi pemain andalan di skuad utama dalam beberapa musim, tapi ia tampil buruk di musim lalu. Kini, Barca ingin melepasnya dengan status pinjaman, atau bahkan menjualnya.

Pemain ini memang tak pernah kehilangan peminat. Arsenal sempat dikabarkan meliriknya, meskipun pada akhirnya tim Meriam London malah datangkan Ben White.

Lalu, Tottenham Hotspur juga tengah mencari bek baru. Namun, pemain internasional Prancis ini tak berniat tinggalkan Barcelona. Rencananya, klub akan lakukan pertemuan dengan pemain tersebut sekembalinya ia dari liburan musim panas.

Sementara Sergino Dest, diungkapkan Sport, klub menyatakan jika ada tawaran bagus, maka ia akan dilepas Blaugrana. Saat ini, Bayern Munchen dikabarkan menjadi klub yang menginginkan jasanya, setelah musim lalu gagal memboyongnya ke Allianz Arena. Sayangnya, Die Roten hanya menginginkan kesepakatan transfer, sementara Barca ingin menjualnya jika ia bisa hengkang dari Camp Nou.

Sergino Dest masih cukup muda, tapi tak terlalu meyakinkan. Selain itu, Barca juga memiliki Emerson yang didatangkannya dari Real Betis yang dinilai bisa tampil lebih bagus di masa depan.

Dest juga mendapat pilihan untuk pindah ke Inter Milan, karena jawara Serie A itu juga berharap dapatkan jasanya. Sayangnya, lagi-lagi, Inter pun hanya berniat meminjam Dest dari Barcelona.

Umtiti menjadi pemain belakang yang paling sulit dilepas Blaugrana. Dia menolak tinggalkan Catalan, atau menurunkan gajinya. Meski demikian, Umtiti kabarnya akan menerima jika ia dipinjamkan ke klub lain. Barca pun akan menekankan padanya untuk menurunkan gajinya, jika ada klub yang mau meminjamnya.

Sejauh ini, Lyon disebut-sebut ingin memboyong kembali mantan pemainnya itu. Namun, seluruhnya tergantung pada Umtiti. Dia tahu betul bahwa dia tak dibutuhkan di Camp Nou, dan kembali tak akan masuk rencana Koeman musim depan.

Jika Barcelona bisa melepas ketiga pemain bertahan mereka itu, maka Joan Laporta akan datangkan satu bek saja sebagai penggantinya, seorang pemain yang serba bisa dan juga bisa menjadi pelapis Jordi Alba di posisi kiri belakang.