Barcelona Bikin Valencia Depak Javi Gracia dan Datangkan Pelatih Lama yang Sudah Bolak-balik Tujuh Kali

Gila Bola – Barcelona membuat Valencia mantap mendepak Javi Gracia. Penggantinya, pelatih lama yang sudah tujuh kali bolak-balik di Mestalla.

Setelah menganalisa situasi dalam timnya, Valencia memutuskan untuk memutus kontrak Gracia dan kembali datangkan Salvador Gonzalez ‘Voro’ untuk memperbaiki kondisi Los Che yang kini melorot ke peringkat 14.

Bersama Gracia, Valencia hanya berhasil kantongi tiga dari kemungkinan 18 poin terakhir di musim ini. Los Che bahkan hanya unggul enam poin dari tim-tim di zona degradasi, saat kompetisi musim ini menyisakan 12 poin lagi.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Sementara Voro yang ditunjuk menggantikan Javi Gracia usai timnya kalah dari Barcelona, 2-3, akan menduduki jabatan sebagai pelatih Valencia untuk ke tujuh kalinya.

Hubungan Gracia dengan dewan pengurus Valencia memang sudah tak harmonis sejak ia datang ke Mestalla tahun lalu. Dijualnya sejumlah pemain kunci dan kurangnya bala-bantuan dalam timnya sempat membuat Gracia meminta untuk meninggalkan Valencia setelah bursa transfer musim panas tahun lalu.

Kemudian pada bulan Januari, klub sudah berniat untuk memecat pelatih berusia 51 tahun itu, karena buruknya prestasi Valencia musim ini. Demikian diungkapkan Mundo Deportivo.

Saat dipecat usai timnya dikalahkan Barcelona di kandang sendiri, Gracia sebenarnya  masih memiliki sisa kontrak satu musim lagi. Namun Valencia mengambil opsi untuk gunakan klausul yang memungkinkan mereka untuk memutuskan hubungan kerja dengan Gracia di akhir musim ini, dengan denda penalti yang lebih rendah.

Barca menang di kandang Valencia pada Senin (3/5) dini hari, lewat dua gol Lionel Messi dan satu gol Antoine Griezmann. Tuan rumah sendiri sebenarnya unggul lebih dulu lewat gol Gabriel Paulista di menit 50. Namun gol itu berhasil disamai Lionel Messi di menit ke-57.

Pelatih Abadi di Valencia

Sedangkan Voro, di sepanjang karirnya sebagai pelatih, ia memang ‘hanya’ menempa kemampuannya di Valencia. Ia mengawali karir melatihnya di tahun 2002 sebagai pelatih tim B Valencia.

Berikutnya, sejak tahun 2008 hingga tahun 2016, Voro menduduki jabatan sebagai pelatih sementara di Valencia – yang pemain andalannya juga diincar Barcelona. Baru setelah itu, ia menduduki jabatan sebagai pelatih kepala di Los Che pada tahun 2016, Voro dinobatkan sebagai pelatih kepala Valencia. Itupun hanya satu musim saja.

Meninggalkan jabatannya, Voro bukannya menjadi pelatih kepala – mungkin di klub lain, namun ia malah tetap bersama Valencia. Saat itu, ia langsung direkrut sebagai asisten pelatih dan bertahan cukup lama, mulai dari tahun 2017 hingga 2020.

Ia kemudian menjadi pelatih sementara Valencia di tahun 2020, sebelum akhirnya menjadi asisten pelatih di Valencia pada musim 2020/21. Kini, Los Che kembali menunjuk Voro sebagai pelatih sementara skuad utama hingga akhir musim ini.